Minggu, 10 Juli 2016

Manfaat Sehat dari Kacang Pistachio

Kacang Pistachio memang cukup asing ditelinga kita, tapi sebagian orang sudah mencicipinya yang memiliki rasa renyah dan lezat yang sangat enak dimakan sebagai camilan. Sebelumnya tipshidupsehat sudah menyampaikan tentang hazelnut yang juga cukup asing. Nah, Kacang Pistachio ini juga memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan lo… Mau tahu? Silahkan disimak!!

Kandungan Nutrisi Kacang Pistachio

Kacang ini dalam 100 gram mengandung 570 kalori. Pistachio juga mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, zat besi, seng, magnesium, dan juga berbagai jenis vitamin.

Manfaat dan Khasiat  Kacang Pistachio Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung maka salah satu makanan yang wajib di konsumsi adalah kacang Pistachio. Karena kacang ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam darah. Selain itu pistachio ini juga mengandung lemak baik dan bisa membantu meningkatkan kadar HDL didalam tubuh.

Pistachio ini juga merupakan sumber asam lemak tidak jenuh tunggal seperti asam oleat yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Kacang ini juga tidak mengandung natrium sehingga sangat baik bagi penderita penyakit jantung. Kandungan vitamin A, Vitamin E dan lutein dapat menurunkan akumulasi plak lemak didalam pembuluh darah dan juga meningkatkan kerja sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

2. Mengandung Lemak Sehat

Sebagian besar dari kita takut makan kacang-kacangan karena memiliki kandungan lemak yang tinggi. Tetapi tidak untuk kacang pistachio.

Kacang ini mengandung lemak sehat sehingga tidak akan meningkatkan kadar kolesterol tetapi dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

3. Mampu Mencegah Kanker

Kacang Pistachio juga mengandung karoten dan vitamin E dapat melindungi tubuh dari efek oksidatif radikal bebas. Kacang ini juga mengandung gamma tokoferol yang bisa menghambat penetrasi berbagai radiasi berbahaya di dalam kulit. Dengan mengonsumsi kacang pistachio dapat mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker paru.

4. Mampu Melindungi Sistem Saraf

Kandungan vitamin B6 yang terdapat didalam kacang Pistachio dapat membantu pembentukan asam amino yang pada akhirnya bisa berfungsi sebagai neurotransmiter, Mielin (selaput pembungkus saraf) juga dibentuk oleh vitamin B6 yang memiliki fungsi untuk membantu proses penghantaran sinyal saraf.

Selain itu vitamin B6 ini juga mampu membentuk Serotonin, melatonin, dan GABA yang ketiganya memiliki fungsi untuk mengurangi stress didalam sistem saraf. Pistachio juga sedikit mengandung tembaga yang penting dalam proses transmisi saraf.

5. Membantu Menjaga Berat Badan

Pistachio juga mengandung banyak lemak baik dan cukup banyak kalori. Lemak baik ini dapat larut dalam air sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan. Selain itu kacang ini juga mengandung protein yang bisa membantu membakar lemak. Mengonsumsi Pistachio juga membuat Anda merasa kenyang sehingga dapat mengandalikan nafsu makan Anda yang mencegah terjadinya obesitas dan peningkatan berat badan.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Pistachio juga mengandung banyak karoten yang berfungsi untuk mencegah efek dari radikal bebas dan sinar UV terhadap mata, yang dapat membantu membuat otot dan jaringan mata tetap kuat. Karoten yang terdapat didalamnya seperti lutein dan zeaxanthin. Karotein ini juga bisa melindungi retina sehingga bisa mencegah degenerasi makula.

7. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Pistachio tidak hanya menjadi camilan gurih dan renyah tetapi juga sangat bermanfaat dalam menurunkan tingkat gula darah.

Oleh karena itu, kacang ini sangat baik untuk penderita diabetes. Kacang pistachio akan memperlambat penyerapan karbohidrat dalam tubuh sehingga membantu dalam mengendalikan diabetes.

8. Menurunkan Risiko Diabetes

Kacang Pistachio ini bisa mencegah terjadinya diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah didalam tubuh secara signifikan, bila dikonsumsi setelah mengonsumsi makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi. Kacang ini juga bisa mengurangi absorpsi glukosa di dalam darah.

9. Kaya Akan Serat

Pistachio termasuk dalam salah satu jenis kacang yang memiliki kandungan serat paling tinggi diantara yang lainnya. Serat dari kacang ini diperkirakan sekitar 12% atau setara dengan 30 gram penyajian.

Dimana para ahli gizi menyarankan untuk Karena mengkonsumsi 14 gram per 1000 kalori setiap harinya. Jadi, jika Anda mengkonsumsi setidaknya 4-5 pistachio dalam sehari dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan serat harian.

10. Menutrisi Kulit dan Membantu kerja sistem pencernaan

Antioksidan yang terdapat didalam kacang pistachio mampu menjadikan kulit lebih baik dan sehat. Vitamin E menjadikan kulit lebih bersinar dan bisa terlindung dari radiasi sinar matahari. Minyak essensial juga dapat membantu mengatasi kulit kering, mencegah penuaan dini, dan mencegah pembentukan noda hitam pada kulit.

Kemudian Pistachio juga mengandung banyak serat yang baik untuk proses pencernaan makanan dan menjadikan usus lebih kuat. Pistachio juga bisa membantu pertumbuhan bakteri baik didalam usus sehingga memperlanar pencernaan.

11. Mencegah Anemia

Pistachio dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah sehingga bisa mencegah terjadinya anemia.

12. Menguatkan Kekebalan tubuh

Pistachio dikenal mengandung antioksidan dan mineral yang mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya berbagai infeksi.

13. Memiliki Efek Pelembab

Minyak dari kacang pistachio memiliki aroma yang tajam. Minyak yang mengandung sifat penawar rasa sakit ini sangat baik untuk menjaga elastisitas dan kelembutan kulit. Karena itu, minyak kacang pistachio ini sangat baik untuk kulit kering.

14. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Kacang ini mengandung berbagai macam jenis asam lemak esensial, asam linoleat dan linolenat yang diketahui sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan meregenerasi kulit yang sehat.

Kandungan asam dalam kacang ini juga membantu dalam mengontrol tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan pembekuan darah.

15. Baik untuk Ibu Hamil

Pistachio dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat dari tubuh serta mengandung lutein yang baik untuk bayi.

Para peneliti telah menunjukkan bahwa ibu yang mengkonsumsi pistachio selama kehamilan akan melahirkan bayi yang sehat. Disamping itu akan mengurangi rasa mual selama kehamilan.

Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari pistachio bagi kesehatan anda adalah:


  • Membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai gejala anemia seperti pusing, sulit tidur, dan mual (zat besi)
  • Dapat membantu meningkatkan aliran darah dan ereksi penis (afrodisiak)
  • Menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya berbagai infeksi (antioksidan dan mineral)


Sumber:
1. Manfaat Sehat dari Kacang Pistachio
2. 9 Manfaat Sehat dari Kacang Pistachio
3. Manfaat Kacang Pistachio Bagi Kesehatan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar