Senin, 20 April 2015

Puasa di Bulan Rajab

Bulan Rajab terjadi tepat pada bulan ke-tujuh dari tanggalan hijriyah, Di bulan rajab ini umat muslim di bolehkan berpuasa dan dimaksutkan untuk mempersiapkan diri atau rohani untuk menghadapi bulan puasa ramadhan.

‘Ubaidullah bin Umar dari Za`idah bin Abu Ar Ruqad dari Ziyad An Numairi dari Anas bin Malik, ia berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila memasuki bulan Rajab, maka beliau berdoa,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Allāhummaa bārik lanā fī Rajab-a wa Shaʻbān-a wa balligh-nā shahra Ramaḍān-a

“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan”. ( HR. Imam Ahmad dalam musnadnya (1/259), Ibnu Suniy dalam ’Amalul Yaum wal Lailah, Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman (3/1399), An Nawawi dalam Al Adzkar (245)

Puasa di bulan Rajab ini sangat dinanti banyak umat muslim. Allah SWT sudah menyiapkan pahala yang sangat besar untuk orang yang melaksanakannya.

“Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya,” HR. AT-Thabrani dari Sa’id bin Rasyid.

Peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad shalallah ‘alaih wasallam terjadi pada 27 Rajab, di mana beliau menerima perintah salat lima waktu.

Sementara itu, hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah menyatakan, “barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.”

Meskipun hukumnya sunnah, puasa di bulan Rajab ini banyak pahalanya. Untuk itu, janganlah kesempatan ini Anda sia-siakan begitu saja.

Tuntunan Lengkap Doa Dan Niat Puasa di Bulan Rajab

1. Kapan mulai berpuasa?

Puasa di bulan Rajab sendiri tidak ditentukan tanggalnya, yang terpenting sudah masuk bulan Rajab. Jika ingin mendapat pahala yang lebih, Anda bisa mulai berpuasa pada tanggal 1 Rajab. Banyak yang menyebutkan, puasa pada 1 Rajab itu akan menghapuskan dosa selama 3 tahun.

2. Niat puasa di waktu makan sahur

Berikut doanya:

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبْ سُنَّةً لِلِه تَعَالَى

NAWAITU SAUMA SYAHRI RAJAB SUNNATAN LILLAHI TA’ALA
“Saya niat puasa bulan Rajab, sunnah karena Allah ta’ala”

3. Menjauhi segala hal yang bisa membatalkan puasa

Agar puasa di bulan Rajab sempurna, maka Anda harus menjauh segala hal yang bisa membatalkan puasa. Mulai dari makan-minum dan menahan hawa nafsu. Terhitung sejak terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari.

4. Berbuka puasa

Jika waktu Maghrib tiba, itu artinya Anda boleh untuk membatalkan puasa atau biasa disebut berbuka puasa. Utamakan untuk menyantap makanan manis.

Itulah penjelasan singkat mengenai ibadah puasa sunnah di bulan Rajab. Semoga puasa bulan Rajab ini bisa menambah pahala umat muslim yang menjalankannya.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar