Jumat, 22 Juli 2016

Resep Herbal Penyembuhan Penyakit Asam Urat

Yang punya asam aurat nih obatnya... JIKA ANDA TERKENA ASAM URAT COBALAH PENGALAMAN KAWAN SY INI,MINUM RAMUAN INI HANYA SEKALI SAJA...

Jangan Tergantung dengan Obat Kimia.

Saya punya pengalaman 20 tahun yang lalu saat saya gak bisa sholat karena engkelku bengkak gak bisa ditekuk.

Diberi oleh saudaraku kapsul asam urat dari Amerika (1 kapsul 8 ribu), saya minum 2 hari, sakitnya cuma berkurang sedikit.

Subhanallah....
pas ke Condet ketemu seorang tua dari Lamongan, umurnya sktr 110 tahun, masih gagah, lagi nengok anaknya yg jg sfh berumur 90 tahun yang kelihatan jauh lebih tua.

 Dia tanya, "Sampeyan Kenapa mas?"
Sy jwb: "Sy kena Asam urat pak"
Oooo, Coba Cari Nanas Matang 1 bh aja dan Lobak putih kira-kira 250 gram, di jus, tambah kemiri 3 butir diminum sekaligus".

Berapa kali minumnya?. "Sekali saja cukup" Terus minum lagi kapan?
"Untuk penjagaan 3 bulan sekali cukup"
Saya turuti langsung, asam urat sy hilang sama sekali, sembuh sama sekali, Alhamdulillah sy sngt Ber Syukur sekali....🙏

Saya ikuti tiap 3 bulan minum jus tersebut. Alhamdulillah sampai sekarang saya gak pernah ngalamin lagi.

Saya share ke banyak kenalan dan ternyata banyak yang cocok dan sembuh.
Mudah-mudahan anda pun cocok yah.....

RESEPNYA sbb:
- Nanas Matang satu (1) buah
- Lobak putih kira kira 250 gram
- Kemiri 3 butir

- Di JUS sekaligus.
- Di minum sekaligus.
- Diulang 3 bln sekali.

Kebaikan harus dibagikan, meskipun kita sedang tidak sakit,  paling tidak bisa jadi jalan kesembuhan bagi orang lain yang membutuhkannya 🙏


Selasa, 19 Juli 2016

Shutdown Pemerintahan Amerika Serikat dan Bursa Saham

Wah, ternyata saya salah kemarin itu. Saya pikir para politisi US sono harusnya lebih baik (baca: lebih dewasa) dari politisi Indonesia. Eh, nggak tahunya sama saja. Mereka ternyata kekeh mempertahankan pendirian masing-masing. Alhasih, penaikan batas utang negara (Debt Ceiling) tidak berhasil disetujui. Terjadilah yang banyak ditakutkan oleh orang-orang, penutupan sementara seluruh layanan pemerintah.

Penutupan ini terpaksa dilakukan karena tidak ada lagi uang untuk membayar pegawai pemerintahan. Jadilah para pegawai itu menikmati cuti masal (yang sayangnya) tanpa dibayar. Situasi ini (sebelumnya) diprediksi akan menimbulkan kepanikan di pasar keuangan (khususnya bursa saham), karena Amerika Serikat adalah masih tetap negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Yang setiap kebijakannya akan mempengaruhi ekonomi negara lain.

Penutupan layanan pemerintahan adalah jelas kabar jelek karena dianggap akan mengganggu kelancaran segala urusan yang berhubungan dengan perekonomian Amerika Serikat. Asumsi inilah yang membuat para investor menarik dananya dari bursa saham. Mereka memilih untuk mengamankan dananya karena memprediksi akan timbul kepanikan akibat kabar jelek penutupan pemerintahan Amerika Serikat.

Ternyata, bursa saham di seluruh dunia anteng-anteng aja. Tidak ada kepanikan. Alih-alih bursa saham turun tajam, malah pada naik setelah pengumuman shutdown pemerintah Amerika Serikat kemarin. Bursa saham Amerika tetap naik dan Bursa Saham Indonesia (BEI) juga tetap naik. Bahkan di hari keduapun bursa saham tersebut tetap naik. Ternyata memang penutupan pemerintah Amerika Serikat bukan dianggap faktor penting di bursa saham.

Pelajaran yang dapat kita ambil adalah kita seharusnya tidak boleh panik jika ada berita yang sepertinya negatif dari Amerika sono. Kita harus tetap berkepala dingin menganalisa situasi yang terjadi. Pada akhirnya, keputusan yang kita ambil harus tetap berlandaskan pada sistem trading kita masing-masing. Ini bisa dicapai jika kita tetap tenang – tidak panik. Jika kita panik, kemungkinan besar keputusan kita akan keluar jalur yang sudah ditetapkan oleh sistem trading kita masing-masing.

Sumber:
Shutdown Pemerintahan Amerika Serikat dan Bursa Saham
United States federal government shutdown of 2013


Jumat, 15 Juli 2016

Hal-hal yang Mungkin Tidak Tahu Tapi Perlu Tahu


🐜  Permasalahan dg semut:
       Semut benci timun.
       TARUH kulit ketimun di dkt tempat2 yg ada semut atw di lubang semut.  

 🎆  Utk mengkilapkan kaca:
        "Bersihkan dg Sprite"

  💨 Utk melepas permen karet dari baju:
        "Taruh bajunya di dlm freezer selama satu jam"

💭   Utk memutihkan baju:
        "Rendam baju putih di dalam air hangat bersama dg seiris lemon selama 10 menit"

 🙇  Utk menghasilkan rambut yg berkilau:
        "Beri satu sendok teh cuka (vinegar) ke rambut kemudian cuci rambutnya"

 🍋  Utk mendapatkan jus perasan sebanyak2nya dari lemon:
        "Rendam lemon di air hangat selama sejam kemudian baru diperas"

🍞  Utk menghindari bau kol ketika memasak:
       "Taruh sepotong roti di atas kol di dlm wadahnya ketika memasak"

👕  Menghilangkan tinta dari baju:
       "Kasih odol 🍥agak banyak di bagian bertinta dan biarkan sampai bnr2 mengering, baru setelah itu dicuci"

 🐀  Utk menyingkirkan tikus:
       "Tabur lada hitam di tmpt2 yg ada tikusnya. Mereka akan kabur"

🍸 Minum air putih sblm tidur..
       "Sekitar 90% dari serangan jantung terjadi di dini hari dan resiko ini bs dikurangi dg meminum satu atw dua gelas air putih sblm tidur di malam hari"

💐 Kita tahu air itu penting tp kita tdk pernah tahu ttg saat2 tertentu kita harus minum..

💦 Meminum air di waktu-waktu yg tepat ⏰ memaksimalkan khasiatnya utk tubuh manusia :

       1⃣  1 gelas air putih ketika bangun tidur - 🕕⛅ membantu mengaktifkan organ2 dalam..
       2⃣  1 gelas air putih 30 menit  🕧 sblm makan - membantu pencernaan..
       3⃣  1 gelas air putih sblm mandi 🚿 - membantu menurunkan tekanan darah.
       4⃣  1 gelas air putih sblm tidur - 🕙 menghindarkan dari stroke dan serangan jantung.

🃏 Pepatah Cina mengatakan:
      'Ketika seseorang berbagi sesuatu yg bermanfaat dan kamu mendptkan manfaat dari itu maka kamu punya obligasi moral utk membagi hal itu juga ke org lain.'


Kematian Tidak Kenal Tua dan Sakit, Waktu serta Tempat

Al-Qurthubi rahimahullah berkata, “Umat sepakat bahwa kematian tidak memiliki usia tertentu, masa tertentu dan penyakit tertentu. Hal ini dimaksudkan agar seseorang senantiasa waspada dan bersiap-siap menghadapinya.”

Yazid Ar-Raqqasyi rahimahullah berkata kepada dirinya, “Celakalah engkau wahai Yazid! Siapa orang yang akan menggantikan shalatmu setelah mati? Siapa yang berpuasa untukmu setelah mati? Siapa yang memohon ridha Allah untukmu setelah mati? Wahai manusia! Tidakkah kamu menangis dan meratapi diri sendiri dalam sisa hidup kamu? Siapa yang dicari maut, kuburan jadi rumahnya, tanah jadi kasurnya dan ulat jadi teman dekatnya, lalu setelah itu ia akan menunggu lagi hari kecemasan yang paling besar; bagaimana kondisi orang yang seperti ini nanti.?” Beliaupun kemudian menangis.

Ad-Daqqaq rahimahullah berkata, “Siapa yang banyak mengingat kematian, maka ia akan dimuliakan dengan tiga hal: Segera bertaubat; Mendapatkan kepuasan hati; dan bersemangat dalam beribadah. Dan siapa yang lupa akan kematian, maka ia akan disiksa dengan tiga hal: Menunda untuk bertaubat; Tidak merasa cukup dengan yang ada dan malas beribadah.”

Al-Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata, “Sesungguhnya kematian ini telah merusak kenikmatan yang dirasakan para penikmatnya. Karena itu, carilah kehidupan yang tidak ada kematian di dalamnya.”

Abu Darda berkata: “barangsiapa yang sering mengingat kematian maka sedikit rasa gembiranya”

---

Imam Al-Qurthubi r.a. berkata, "Para ulama kita mengatakan, ucapan beliau, "Perbanyaklah mengingat penghancur kenikmatan", merupakan ucapan ringkas tapi padat, menghimpun makna peringatan dan amat mendalam penyampaian nasihatnya. Sebab, orang yang benar-benar mengingat kematian, pasti akan mengurangi kenikmatan yang dirasakannya saat itu, mencegahnya untuk bercita-cita mendapatkannya di masa yang akan datang serta membuatnya menghindar dari mengangankannya, sekalipun hal itu masih mampu dicapainya.

Namun jiwa yang beku dan hati yang lalai selalu memerlukan nasihat yang lebih lama dari para penyuluh dan untaian kata-kata yang meluluhkan sebab bila tidak, sebenarnya ucapan beliau tersebut dan firman Allah s.w.t. dalam surat Ali 'Imran ayat 185, (artinya, "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati) sudah cukup bagi pendengar dan pemerhati-nya.!!"

Siapa Orang Yang Paling Cerdik

Ibnu Umar r.a pernah berkata, "Aku pernah mengadap Rasulullah s.a.w sebagai orang ke sepuluh yang datang, lalu salah seorang dari kaum Anshor berdiri seraya berkata, "Wahai Nabi Allah, siapakah manusia yang paling cerdik dan paling tegas?" Beliau menjawab, "(adalah) Mereka yang paling banyak mengingat kematian dan paling siap menghadapinya. Mereka itulah manusia-manusia cerdas; mereka pergi (mati) dengan harga diri dunia dan kemuliaan akhirat." (HR. Ath-Thabrani, disahihkan al-Munziri)



Doa Puasa Hari ke-30 Akhir Ramadhan

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ صِيَامِيْ فِيْهِ بِالشُّكْرِ وَ الْقَبُوْلِ عَلَى مَا تَرْضَاهُ وَ يَرْضَاهُ الرَّسُوْلُ مُحْكَمَةً فُرُوْعُهُ بِالأُصُوْلِ بِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ الطَّاهِرِيْنَ وَ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allâhummaj’al shiyâmî fîhi bisysyukri wal qabûli ‘alâ mâ tardhâhur Wayardlâhurrasûlu muhkamatan furû’uhu bil ushuli bihaqqi sayyidinâ muhammadin wa âlihit Al-Thâhirîn wal hamdu lillahi rabbil’âlamin

Artinya:
"Ya Allah, terimalah puasaku di bulan ini dengan rasa syukur. Jadikanlah puasaku ini mendatangkan keridhaan-Mu dan keridhaan para Rasul-Mu. Engkau kuatkanlah furu (cabang-cabang)-nya dan ushul (pokok-pokok)-nya. Demi kebenaran junjungan kami Muhammad saw beserta keluarganya yang suci. Segala puji bagi-Mu ya Allah,Tuhan semesta alam”.

---

Di malam ini,  Bumi menangis, seisi alam pun turut merundung, suasana mengharu....
Ya malam ini, malam ke 30 Ramadhan 1437 H. Malam terakhir Bulan Mulia, Bulan penuh Berkah, tamu yang agung ini akan pergi meninggalkan kita semua.. dan Bumi pun menangis...

"Ya Allah Ya Tuhan kami,... terimalah segala amal shaleh, ibadah,shodaqoh dan zakat kami selama di bulan ramadhan ini, lipat gandakanlah pahala kami, ampunilah dosa-dosa kami, dan jauhkan lah kami dari siksa api neraka-Mu..."

Ya Allah Ar-Rahman, Ar-Rohim...
Berikanlah kesehatan, panjang umur, keberkahan, rahmat dan maghfiroh-Mu kepada kami, kepada kedua orang tua kami, kepada orang2 yang kami sayangi, kepada guru2 kami, kepada keluarga kami, kepada sanak saudara kami, kepada teman-teman kami dan kaum muslimin wal muslimat..agar kami dapat dipertemukan kembali dengan tamu agung-Mu, Bulan Mulia-Mu ditahun-tahun yang akan datang...Aamiin.. Ya Robbalalamin. Mari Kita Raih Kemenangan, setelah esok kita tunaikan Puasa Terakhir kita. Insya Allah. Allohuakbar.... Allohuakbar Allohuakbar.... Laa illah ha illallohu Allohuakbar.... Allohuakbar wa lillah ilham....

Robbana Attina fiddunya hasanah, wa fil akhiroti hasanah wakina adza bannar.. Aamiin .. YRA🙏


Doa Rasulullah Menjelang Akhir Bulan Suci Ramadhan

للَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

"Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai Bulan Ramadhan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadhan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi"

Ya Rahman, terimalah  seluruh amal ibadah kami  di Bulan Ramadhan ini

Ya Wasi'al Magfirah wal afwu.. ampunilah seluruh dosa-dosa kami, dosa ibu bapak kami dan dosa orang-orang yang kami cintai dan sayangi karena Allah.

Ya Mujiibu adduaa, kabulkanlah seluruh doa-doa kami.                                                      

🌹Taqabalallahu Minna wa Minkum 🌹
Shiyamana wa Shiyamakum wa qiyaamanaa wa qiyaamakum..wa kullu amalin sholeh.. Ahalahullahu 'Alainaa Aamiin

Semoga amalanku dan amalanmu, puasaku dan qiyammu dan qiyamku serta seluruh amal sholeh km diterima-Nya serta semoga Allah SWT menyempurnakannya atas kami.


🌿Selamat menuntaskan ibadah puasa dan ibadah lainnya di Ramadhan Mubarak 1437 H 🌿 Mohon Maaf Lahir & Bathin. & Selamat Merayakan IED Fitri 1Syawal 1437 H.🙏💐



Doa Malam Ganjil Hari ke-29 Ramadhan

بسم الله الرحمن الرحيم

اللهم صل على محمد وآل محمد

اَللَّهُمَّ غَشِّنِي فِيْهِ بِالرَّحْمَةِ، وَارْزُقْنِي فِيْهِ التَّوْفِيْقَ وَالْعِصْمَةَ، وَطَهِّرْ قَلْبِي مِنْ غَيَاهِبِ التُّهْمَةِ، يَا رَحِيْماً بِعِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Allâhumma ghasysyinî fîhi birrahmah, warzuqnî fîhit tawfîqa wal-‘ishmah, wa thahhir qalbî min ghayâhibit tahmah, yâ Rahîman bi’ibâdihil mu’minîn.

Artinya:
"Ya Allah, liputi aku di dalamnya dengan rahmat-Mu, karuniakan padaku di dalamnya bimbingan dan penjagaan, sucikan hatiku dari kegelapan kerusakan, wahai Yang Menyayangi hamba-hamba-Nya yang beriman."

Aamiin YRA 🙏🙏🙏

---

Ya Allah ya Tuhan kami, sempurnakanlah cahaya kepada kami, ampunilah dosa2 kami, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu segala kebaikan, di masa depan dan di masa sekarang, dan kami memohon ampunan atas dosa2 kami, serta memohon rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih...

Robbana taqobbal du'a.

PS:
Yang membawa kita ke surga bukanlah ibadah2 kita, namun Rahmat Allah lah yg akan membawanya. Ibadah adalah prosesinya... maka carilah Rahmat dan Cinta Nya....

Reminder utk diri sendiri...
Al'afwu minkum...



Doa Puasa Hari ke-28 Ramadhan

بسم الله الرحمن الرحيم

اللهم صل على محمد وآل محمد

اَللَّهُمَّ وَفِّرْ حَظِّي فِيْهِ مِنَ النَّوَافِلِ، وَاَكْرِمْنِي فِيْهِ بِاِحْضَارِ الْمَسَائِلِ، وَقَرِّبْ فِيْهِ وَسِيْلَتِى اِلَيْكَ مِنْ بَيْنِ الْوَسَائِلِ، يَا مَنْ لاَ يَشْغَلُهُ اِلْحَاحُ الْمُلِحِّيْنَ

Allâhumma waffir hazhzhî fîhi minan nawâfil, wa akrimnî fîhi bi-ihdhâil masâil, wa qarrib fîhi wasîlatî ilayka min baynil wasâil, yâ Mal lâ yasyguluhu ilhâhul mulihhîn.

Artinya:
"Ya Allah, sempurnakan bagiku di dalamnya shalat-shalat sunnahku, muliakan aku di dalamnya dengan memahami setiap masalah, dekatkan di dalamnya wasilahku ke hadirat-Mu, wahai Yang Tidak Disibukkan oleh banyaknya rintihan orang-orang yang merintih.

Aamiin YRA 🙏🙏🙏


Doa Malam Ganjil Hari ke-27 Ramadhan

بسم الله الرحمن الرحيم

اللهم صل على محمد وآل محمد

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيْهِ فَضْلَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَصَيِّرْ اُمُوْرِي فِيْهِ مِنَ الْعُسْرِ اِلَى الْيُسْرِ، وَاقْبَلْ مَعَاذِيْرِي، وَحُطَّ عَنِّيِ الذَّنْبَ وَالْوِزْرَ، يَا رَؤُوْفاً بِعِبَادِهِ الصَّالِحِيْنَ

Allâhummarzuqnî fîhi fadhla laylatil qadri, wa shayyir umûrî fîhi mial ‘usri ilal yusri, waqbal ma’âdzirî, wa huththa ‘annidz dzanba wal wizri, yâ Raûfan bi’ibâdihish shâlihîn.

Artinya:
"Ya Allah, karuniakan padaku di dalamnya keutamaan malam Al-Qadar, jadikan di dalamnya setiap urusanku yang sulit menjadi mudah, terimalah ketakberdayaanku, hapuslah dosaku dan kesalahanku, wahai Yang Menyayangi hamba-hamba-Nya yang shaleh."

Aamiin YRA 🙏🙏🙏


Lafadz Zakat Fitrah saat Dibayarkan

Berikut lafal zakat fitrah yang dibaca saat zakat dibayarkan.

Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

"Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'an nafsii fardlal lillahi ta'aalaa."

Artinya:

"Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta'ala"

Zakat Fitrah untuk Istri

"Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'an zaujatii fardlal lillahi ta'aalaa."

Artinya:

"Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta'ala."

Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

"Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'an waladii (sebut nama anaknya) fardlal lillahi ta'aalaa."

Artinya:

"Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) fardhu karena Allah Ta’ala."

Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

"Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'an bintii (sebut nama anaknya) fardhal lillahi ta'aalaa."

Artinya:

"Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah Ta’ala."

Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

"Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'annii wa'an jamii'i maa yalzamunii nafaqaatuhum syar'an fardlal lillahi ta'aalaa."

Artinya:

"Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’ala."

Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

"Nawaitu an ukhrija zakaatal fithri 'an (sebut nama orangnya) fardlal lillahi ta'aalaa."

Artinya:

"Niat saya mengeluarkan zakat fitrah atas (sebut nama orangnya), fardhu karena Allah Ta’ala."


Doa Puasa Hari ke-27 Ramadhan


اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِيْ فِيْهِ فَضْلَ لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَ صَيِّرْ أُمُوْرِيْ فِيْهِ مِنَ الْعُسْرِ إِلَى الْيُسْرِ وَ اقْبَلْ مَعَاذِيْرِيْ وَ حُطَّ عَنِّيَ الذَّنْبَ وَ الْوِزْرَ يَا رَؤُوْفًا بِعِبَادِهِ الصَّالِحِيْنَ

Allâhummarzuqnî fîhi fadhla laylatil qadri wa shayyir umûrî fîhi minal ‘usri ilal yusri waqbal ma’âdzîrî wa huththa ‘anniyadz dzanba wal wizra yâ ra`ûfan bi’ibâdihîsh shâlihîn

 Artinya :
”Ya Allah, berkahilah aku di bulan ini dengan mendapatkan lailatul qadr. Ubah arah hidupku dari hidup yang susah menjadi mudah. Terimalah segala permohonan maafku dan hapuskan dosa-dosa dan kesalahanku. Wahai Yang Maha Penyayang terhadap hamba-Nya yang saleh”

Aamiin YRA..

Rabu, 13 Juli 2016

Remove Document Inspector in Excel 2007

Privacy warning: This document contains macros, ActiveX controls, XML expansion pack information, or Web components. These may include personal information that cannot be removed by the document inspector.

How to remove that?

In Excel Options | Trust Center | Privacy Options try unchecking 'Remove personal information from file properties on save'.


Sumber: mrexcel.com


Kalau Bursa Saham lagi Bullish


  1. Kalau bursa saham lagi bullish, didukung perubahan fundamental/makro yg positif. Akan kuat rally nya.
  2. Sebagian besar saham akan bergerak naik. Saham perusahaan dgn fundamental bagus dan menerapkan GCG, 99,99% akan naik.
  3. Saham krg jelas atau saham gorengan. Kemungkinan besar akan digoreng. Naik turunnya bisa tinggi dan cepat. Berhati2lah.
  4. Mau analisa pakai teknik apapun, selama hasil analisanya bullish. Maka, 99,99% akan benar. Santai dan dinikmati sajalah.
  5. Prioritas pertama. Carilah saham yg jadi favorit fund manager besar. Pilih yg harganya masih bersahabat.
  6. Hindari beli saham yg bikin jantung kita tdk nyaman. Invest hanya di saham yg bikin kita nyenyak tidurnya.
  7. Setelah beli/invest, berikan waktu yg cukup utk bertumbuh/naik harganya. Selamat menikmati.
Sumber: Copas dari Ian Twitter




Minggu, 10 Juli 2016

Manfaat Sehat dari Kacang Pistachio

Kacang Pistachio memang cukup asing ditelinga kita, tapi sebagian orang sudah mencicipinya yang memiliki rasa renyah dan lezat yang sangat enak dimakan sebagai camilan. Sebelumnya tipshidupsehat sudah menyampaikan tentang hazelnut yang juga cukup asing. Nah, Kacang Pistachio ini juga memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan lo… Mau tahu? Silahkan disimak!!

Kandungan Nutrisi Kacang Pistachio

Kacang ini dalam 100 gram mengandung 570 kalori. Pistachio juga mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, zat besi, seng, magnesium, dan juga berbagai jenis vitamin.

Manfaat dan Khasiat  Kacang Pistachio Bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung maka salah satu makanan yang wajib di konsumsi adalah kacang Pistachio. Karena kacang ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam darah. Selain itu pistachio ini juga mengandung lemak baik dan bisa membantu meningkatkan kadar HDL didalam tubuh.

Pistachio ini juga merupakan sumber asam lemak tidak jenuh tunggal seperti asam oleat yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Kacang ini juga tidak mengandung natrium sehingga sangat baik bagi penderita penyakit jantung. Kandungan vitamin A, Vitamin E dan lutein dapat menurunkan akumulasi plak lemak didalam pembuluh darah dan juga meningkatkan kerja sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah).

2. Mengandung Lemak Sehat

Sebagian besar dari kita takut makan kacang-kacangan karena memiliki kandungan lemak yang tinggi. Tetapi tidak untuk kacang pistachio.

Kacang ini mengandung lemak sehat sehingga tidak akan meningkatkan kadar kolesterol tetapi dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

3. Mampu Mencegah Kanker

Kacang Pistachio juga mengandung karoten dan vitamin E dapat melindungi tubuh dari efek oksidatif radikal bebas. Kacang ini juga mengandung gamma tokoferol yang bisa menghambat penetrasi berbagai radiasi berbahaya di dalam kulit. Dengan mengonsumsi kacang pistachio dapat mencegah kanker kulit, kanker prostat, dan kanker paru.

4. Mampu Melindungi Sistem Saraf

Kandungan vitamin B6 yang terdapat didalam kacang Pistachio dapat membantu pembentukan asam amino yang pada akhirnya bisa berfungsi sebagai neurotransmiter, Mielin (selaput pembungkus saraf) juga dibentuk oleh vitamin B6 yang memiliki fungsi untuk membantu proses penghantaran sinyal saraf.

Selain itu vitamin B6 ini juga mampu membentuk Serotonin, melatonin, dan GABA yang ketiganya memiliki fungsi untuk mengurangi stress didalam sistem saraf. Pistachio juga sedikit mengandung tembaga yang penting dalam proses transmisi saraf.

5. Membantu Menjaga Berat Badan

Pistachio juga mengandung banyak lemak baik dan cukup banyak kalori. Lemak baik ini dapat larut dalam air sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan. Selain itu kacang ini juga mengandung protein yang bisa membantu membakar lemak. Mengonsumsi Pistachio juga membuat Anda merasa kenyang sehingga dapat mengandalikan nafsu makan Anda yang mencegah terjadinya obesitas dan peningkatan berat badan.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Pistachio juga mengandung banyak karoten yang berfungsi untuk mencegah efek dari radikal bebas dan sinar UV terhadap mata, yang dapat membantu membuat otot dan jaringan mata tetap kuat. Karoten yang terdapat didalamnya seperti lutein dan zeaxanthin. Karotein ini juga bisa melindungi retina sehingga bisa mencegah degenerasi makula.

7. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Pistachio tidak hanya menjadi camilan gurih dan renyah tetapi juga sangat bermanfaat dalam menurunkan tingkat gula darah.

Oleh karena itu, kacang ini sangat baik untuk penderita diabetes. Kacang pistachio akan memperlambat penyerapan karbohidrat dalam tubuh sehingga membantu dalam mengendalikan diabetes.

8. Menurunkan Risiko Diabetes

Kacang Pistachio ini bisa mencegah terjadinya diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah didalam tubuh secara signifikan, bila dikonsumsi setelah mengonsumsi makanan dengan kadar indeks glikemik tinggi. Kacang ini juga bisa mengurangi absorpsi glukosa di dalam darah.

9. Kaya Akan Serat

Pistachio termasuk dalam salah satu jenis kacang yang memiliki kandungan serat paling tinggi diantara yang lainnya. Serat dari kacang ini diperkirakan sekitar 12% atau setara dengan 30 gram penyajian.

Dimana para ahli gizi menyarankan untuk Karena mengkonsumsi 14 gram per 1000 kalori setiap harinya. Jadi, jika Anda mengkonsumsi setidaknya 4-5 pistachio dalam sehari dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan serat harian.

10. Menutrisi Kulit dan Membantu kerja sistem pencernaan

Antioksidan yang terdapat didalam kacang pistachio mampu menjadikan kulit lebih baik dan sehat. Vitamin E menjadikan kulit lebih bersinar dan bisa terlindung dari radiasi sinar matahari. Minyak essensial juga dapat membantu mengatasi kulit kering, mencegah penuaan dini, dan mencegah pembentukan noda hitam pada kulit.

Kemudian Pistachio juga mengandung banyak serat yang baik untuk proses pencernaan makanan dan menjadikan usus lebih kuat. Pistachio juga bisa membantu pertumbuhan bakteri baik didalam usus sehingga memperlanar pencernaan.

11. Mencegah Anemia

Pistachio dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah sehingga bisa mencegah terjadinya anemia.

12. Menguatkan Kekebalan tubuh

Pistachio dikenal mengandung antioksidan dan mineral yang mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya berbagai infeksi.

13. Memiliki Efek Pelembab

Minyak dari kacang pistachio memiliki aroma yang tajam. Minyak yang mengandung sifat penawar rasa sakit ini sangat baik untuk menjaga elastisitas dan kelembutan kulit. Karena itu, minyak kacang pistachio ini sangat baik untuk kulit kering.

14. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Kacang ini mengandung berbagai macam jenis asam lemak esensial, asam linoleat dan linolenat yang diketahui sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan meregenerasi kulit yang sehat.

Kandungan asam dalam kacang ini juga membantu dalam mengontrol tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan pembekuan darah.

15. Baik untuk Ibu Hamil

Pistachio dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat menurunkan tingkat LDL atau kolesterol jahat dari tubuh serta mengandung lutein yang baik untuk bayi.

Para peneliti telah menunjukkan bahwa ibu yang mengkonsumsi pistachio selama kehamilan akan melahirkan bayi yang sehat. Disamping itu akan mengurangi rasa mual selama kehamilan.

Manfaat Lainnya
Berbagai manfaat lain dari pistachio bagi kesehatan anda adalah:


  • Membantu meningkatkan kadar hemoglobin dan sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai gejala anemia seperti pusing, sulit tidur, dan mual (zat besi)
  • Dapat membantu meningkatkan aliran darah dan ereksi penis (afrodisiak)
  • Menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya berbagai infeksi (antioksidan dan mineral)


Sumber:
1. Manfaat Sehat dari Kacang Pistachio
2. 9 Manfaat Sehat dari Kacang Pistachio
3. Manfaat Kacang Pistachio Bagi Kesehatan



Sabtu, 02 Juli 2016

Mudik Lebaran Idul Fitri 1437H

☁       ☁☀       ☁☁
      ☁       ☁    ✈  ☁☁

🏠🏬🏡 🏨🏠__🌳
  🚂🚋🚋🚋🚋🚋
                 /     ¦ 🚘  \
               /       🚔🚘.\
             /         ¦    🚖    \
           /           ¦      🚔    \
         /             ¦    🚘🚘.  \
       /               ¦🚔 🚘        \
      /                ¦ 🚘🚘🚖.    \
🚦 /                  ¦  🚘                 \
 
Selamat jalan buat semuanya yang pulang kampung ataupun berlibur keluar kota ... untuk merayakan hari raya Idul Fitri 1437H

Hati-hati di jalan .. . Semoga selamat sampai tujuan dan  dapat berkumpul dan merayakan bersama keluarga...

 Aamiin.. 🙏


Doa Puasa Hari ke-26 Ramadhan

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ سَعْيِيْ فِيْهِ مَشْكُوْرًا وَ ذَنْبِيْ فِيْهِ مَغْفُوْرًا وَ عَمَلِيْ فِيْهِ مَقْبُوْلاً وَ عَيْبِيْ فِيْهِ مَسْتُوْرًا يَا أَسْمَعَ السَّامِعِيْنَ

Allâhummaj’al sa’yî fîhi masykûran wa dzanbî fîhi maghfûran wa ‘amalî fîhi maqbûlan wa ‘aybî fîhi mastûran yâ asma’as sâmi’îna.

Artinya:
”Ya Allah, jadikanlah setiap lampah usahaku di bulan ini sebagai ungkapan rasa syukur dan dosa-dosaku terampuni, amal-amalku diterima dan seluruh aib kejelekanku ditutupi. Wahai Yang Maha Mendengar dari semua yang mendengar.”

Aamiin YRA ...🙏🏽


Doa Puasa Hari ke-25 Ramadhan


اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِيْ فِيْهِ مُحِبًّا لِأَوْلِيَائِكَ وَ مُعَادِيًا لأَعْدَائِكَ مُسْتَنّا بِسُنَّةِ خَاتَمِ أَنْبِيَائِكَ يَا عَاصِمَ قُلُوْبِ النَّبِيِّيْنَ

Allâhummaj’alnî fîhi muhibban li awliyâika wa mu’âdiyan lia’dâika mustanan bisunnati khâtami anbiyâika yâ ‘âsima qulûbinnabiyyîn

Artinya:
"Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini lebih mencintai para wali-Mu dan memusuhi musuh-musuh-Mu. Jadikanlah aku pengikut sunnah Nabi penutup-Mu. Wahai yang menjaga hati para nabi”.

Amiin 🙏🏻

Berita Gembira Bagi Siswa Baru

Kini, kegiatan MOS/Ospek sudah tidak boleh aneh aneh. Pemerintah telah mengeluarkan regulasi tentang pengenalan lingkungan sekolah sebagai bagian kegiatan siswa baru.

INI YANG DILARANG DILAKUKAN PADA MOS ATAU MBPDB TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 18 TAHUN 2016

Dalam rangka memasuki masa Orientasi Siswa Baru tahun pelajaran 2016/2017 dengan  kondusif saat maka para orang tua, siswa dan pihak sekolah baik kepala sekolah maupun guru serta pihak lainnya agar memahami Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah ini menggantikan kebijakan terkait Masa Orientasi Siswa yang selama ini rentan menjadi tempat tindak kekerasan terjadi. Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 ini mengatur sanksi yang mengikat bagi ekosistem pendidikan yang ada di Satuan Pendidikan.

Dengan adanya Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah, maka mulai pada tahun pelajaran 2016/2017 masa Orientasi Siswa Baru berubah namanya menjadi masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kegiatan maksimal 3 hari dan penyelenggara adalah guru, pada hari dan jam sekolah, tidak boleh melibatkan alumni. Senior hanya untuk membantu guru.

Berdasarkan Lampiran III Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 secara tegas sekolah DILARANG MEWAJIBKAN siswa baru untuk memakai atribut sebagai berikut:

1.  Tas  karung,  tas  belanja  plastik, dan sejenisnya.
2.  Kaos  kaki  berwarna-warni  tidak simetris, dan sejenisnya.
3.  Aksesoris  di  kepala  yang  tidak wajar.
4.  Alas kaki yang tidak wajar.
5. Papan nama yang berbentuk rumit dan  menyulitkan  dalam pembuatannya  dan/atau  berisi konten yang tidak bermanfaat.  
6.  Atribut  lainnya  yang  tidak  relevan dengan aktivitas pembelajaran.

Selanjutnya Berdasarkan Lampiran III Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 dinyatakan secara tegas dalam masa Orientasi siswa Baru atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah DILARANG melakukan aktivitas sebagai berikut

1.  Memberikan  tugas  kepada  siswa baru  yang  wajib  membawa  suatu produk dengan merk tertentu.
2.  Menghitung  sesuatu  yang  tidak bermanfaat  (menghitung  nasi, gula, semut, dsb).
3.  Memakan dan meminum makanan dan  minuman  sisa  yang  bukan milik masing-masing siswa baru.
4.  Memberikan  hukuman  kepada siswa  baru  yang  tidak mendidik  seperti  menyiramkan air  serta  hukuman  yang bersifat fisik  dan/atau mengarah pada tindak kekerasan.
5.  Memberikan  tugas  yang  tidak masuk  akal  seperti  berbicara dengan  hewan  atau  tumbuhan serta  membawa  barang  yang sudah tidak diproduksi kembali.
6.  Aktivitas  lainnya  yang  tidak relevan  dengan  aktivitas pembelajaran.

Selengkapnya silahkan Baca dan Download Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah di jdih.kemdikbud.go.id


Tancap Gas Menuju Garis Finish

: قال ابن رجب رحمه الله تعالى
يا عباد الله  إن شهر رمضان قد عزم على الرحيل ولم يبق منه إِلّا قليل  فمن منكم أحسن فيه فعليه التمام ومن فرط فليختمه بالحسنى

Berkata Ibnu Rajab rahimahullah :
"Wahai hamba-hamba Allah, sungguh bulan Ramadhan ini akan segera pergi dan tidaklah tersisa waktunya kecuali sedikit, maka siapa saja yang sudah berbuat baik di dalamnya hendaklah ia sempurnakannya dan siapa saja yang telah menyia-nyiakannya hendaklah ia menyudahinya dengan yang  terbaik"

: قال ابن الجوزي رحمه الله
إن الخيل إذا شارفت نهاية المضمار بذلت قصارى جهدها لتفوز بالسباق، فلا تكن الخيل أفطن منك! فإن الأعمال بالخواتيم، فإنك إذا لم تحسن الاستقبال لعلك تحسن الوداع...

Al-Imam Ibnu Al-Jauziy rahimahullah berkata :
"Seekor kuda pacu jika sudah berada mendekati garis finish ia akan mengerahkan seluruh tenaganya agar meraih kemenangan, maka jangan sampai kuda lebih cerdas darimu..  Karena sesungguhnya amalan itu ditentukan oleh penutupnya.. Untuk itu,  jika  kamu termasuk dari yang tidak baik dalam penyambutan, maka semoga  kamu bisa melakukan yang terbaik saat perpisahan"

: وقال ابن تيمية رحمه الله
العبرة بكمال النهايات لا بنقص البدايات.

Imam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata :                    
"Yang akan menjadi ukuran adalah kesempurnaan akhir dari sebuah amal, dan bukan buruknya permulaan..."


: وقال الحسن البصري رحمه الله
أحسن فيما بقي يغفر لك ما مضى، فاغتنم ما بقي فلا تدري متى تدرك رحمة الله...

Imam Hasan Al-Bashri rahimahullah berkata :
"Perbaiki apa yang tersisa bagimu, maka Allah (سبحانه وتعالى) akan mengampuni atas apa yang telah lalu, maka manfaatkan sebaik-baiknya apa yang masih tersisa, karena kamu tidak tahu kapan rahmat Allah (سبحانه وتعالى) itu akan dapat diraih"

Yaa Allah jadikanlah sebaik-baik amalan kami adalah pada penutupannya.

  بارك اللّٰه فيكم وتقبل الله منا ومنكم صالح الأعمال

Selamat menikmati hidangan Allah (سبحانه وتعالى) yg terbaik di "Malam 10 hari trakhir" semoga Allah (سبحانه وتعالىtakdirkan  keberuntungan di akhir perjalanan. Aamiinn.

"Taqobbalallaahu minna waninkum taqobbal yaa kariim sholihal a'mal"


Keceriaanmu, Apa Dampaknya bagi Hatimu?

Oleh: Ahmad Thib Raya Al-Yaminy

Wajahmu adalah cermin dari hatimu. Orang tidak dapat melihat keadaan hatimu kalau dia tidak memandang kepada wajahmu. Wajah yang selalu ceria menggambarkan hati yang lapang. Kalau Anda ingin melihat apa yang sedang terjadi di dalam hatinya, lihatlah kepada wajahnya.

Satu kali Anda menunjukkan keceriaanmu, satu kali pula Anda melalangkan hatimu. Dua kali Anda menunjukkan keceriaanmu, dua kali pula Anda menjadikan hatimu lapang. Tiga kali Anda menunjukkan keceriaanmu, tiga kali pula Anda membuat hatimu lapang. Kalau Anda selalu berceria dan menunjukkan keceriaanmu, maka Anda selalu menjadikan hatimu menjadi lapang.

Satu kali Anda berceria, maka rongga darah yang ada di dalam hatimu menjadi lapang. Kalau hatimu lapang, maka peredaran darahnu menjadi teratur. Kalau peredaran darahmu jadi teratur, maka jantungmu menjadi sehat. Kalau jantungmu jadi sehat, maka sekujur badanmu menjadi sehat.

Kalau Anda selalu berceria dalam hidup Anda, kapan pun dan di mana pun, maka rongga darah yang ada dalam jantungmu senantiasa lapang. Jika hatimu menjadi lapang, maka Anda mudah dan ringan pula untuk bersikap, berbuat, dan bertindak yang baik. Jika Anda ringan dan mudah melakukan sesuatu, maka hati Anda sehat. Jika hati Anda sehat, maka seluruh badan Anda sehat.

Kalau hati Anda sudah lapang dan lebar, maka tidak akan ada yang sulit bagi Anda. Anda akan mudah berceria, anda akan mudah tersenyum, anda akan mudah dan ringan melayani, anda akan mudah dan ringan berbagi kepada orang lain, anda akan mudah membantu sesamamu, dan anda akan mudah melakukan apa saja yang baik, meskipun bagi orang lain hal itu terasa susah dan berat untuk dilakukan.

Dengan begitu, Anda akan menikmati semua suasana hidupmu dengan hati yang selalu lapang dan lebar, tanpa merasa ada beban apa pun pada diri Anda. Hati yg lapang selalu menerima dengan baik apa yg diberikan orang kepada Anda, meskipun pemerian itu tidak baik. Hati lapang selalu berbaik sangka kepada siapa pun,termasuk kpd orang tidak menyukai dan bahkan membencimu.

Memang untuk melakukan ini bukanlah mudah. Untuk ini kita butuh waktu dan perlu latihan. Awalnya sangat sulit karena kita harus menahan diri dan lebih banyak berbagi daripada menerima. Dimulai dari banyak melayani daripada dilayani. Berbagai dan melayani itu adalah tangan di atas. Sedangkan menerima dan dilayani adalah tangan di bawah. Tidakkah kita ingat pesan Rasulullah: Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah."

Jadikankah hatimu lapang dengan keceriaanmu, dan jadikanlah keceriaanmu sarana untuk melapangkan hatimu. Semoga hati kita  menjadi hati yang ceria dan lapang. Aamiin.

Wallaahu a'lam bi al-shawaab.


Doa Puasa Hari ke-21 Ramadhan

ِبِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
ٍاَللّهُمَّ صَلِ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ لِيْ فِيْهِ إِلَى مَرْضَاتِكَ دَلِيْلاً وَ لاَ تَجْعَلْ لِلشَّيْطَانِ فِيْهِ عَلَيَّ سَبِيْلاً وَ اجْعَلِ الْجَنَّةَ لِيْ مَنْزِلاً وَ مَقِيْلاً يَا قَاضِيَ حَوَائِجِ الطَّالِبِيْنَ

Allâhummaj 'al lî fîhi ilâ mardhâtika dalîlan wa lâ taj'al lisysyaithâni fîhi 'alayya sabîlan waj'alil jannata lî manzilan wa maqîlan yâ qâdhiya hawâijal thaalibiin

 Artinya :
"Ya Allah, tuntunlah aku di bulan yang mulia ini untuk mendapat keridhaan-Mu, Dan janganlah adakan celah bagi syetan untuk menggodaku. Jadikan surga sebagai tempat tinggal dan bernaungku. Wahai yang memenuhi hajat orang-orang yang memintaَ."

Aamiin Yaa Rabbal'alamiin  🙏🏼


Menghindari Perbuatan-Perbuatan Buruk

Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh setiap orang agar dia tidak melakukan perbuatan-perbuatan buruk. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Kendalikan nafsumu kepada kebaikan

Dorongan nafsu untuk melakukan suatu perbuatan sangat kuat. Kalau nafsu buruk itu dorongannya lebih kuat daripada nafsu baik, maka pada saat itulah manusia itu berbuat buruk. Sebaliknya, jika nafsu yang baik dorongannya lebih kuat daripada dorongan nafsu buruk, maka terjadilah tindakan baik atau perbuatan baik.  Semua ibadah yang Anda lakukan secara tulus, akan membuat nafsumu tunduk kepada kebaikan, dan ini mndorongnya untuk selalu berbuat baik.  Kendalikan dan arahkanlah nafsu kepada hal-hal yang baik. Untuk mengenal mana yang baik dan mana yang buruklah, belajarlah, membacalah, tuntutlah ilmu.

2. Bersifat qanaahlah (berpuas dirilah) dengan milikmu.

Sikap qanaah (puas diri) terhadap apa yang dimiliki merupakan suatu kekuatan yang ada di dalam diri manusia untuk merasa puas dan bersyukur atas apa yang dimilikinya. Orang yang tidak berqanaah dan tidak memiliki rasa syukur terhadap yang dimiliki akan terpengaruh bagi dirinya untuk meraih sesuatu yang ada di luar dirinya, dengan segala macam cara, baik yang halal maupun yang haram. Untuk memuaskan dirinya,  dia melakukan segala hal. Padahal sampai kapan pun hati itu dan nafsu itu tidak pernah puas, walau dia memiliki seluruh yang ada di alam ini.

3. Bertahanlah terhadap pengaruh lingkunganmu.

Pengaruh lingkungan juga ikut bermain dalam hal ini. Kalau lingkungan hidup seseorang mewah, maka orang yang ada di sampingnya juga berkeinginan untuk ikut mewah, pada hal dia tidak mempunyai kemampuan yang benar untuk itu. Lalu diambillah jalan pintas tanpa mengenal mana yang baik dan mana yang tidak baik. Yang penting keinginan untuk mewah tercapai. Nikmatilah apa yang kamu miliki dengan segala keinikmatan yang ada di dalam dirinya

4. Ingatlah Allah (سبحانه وتعالى) di mana saja engkau berada.

Mengingat Allah (سبحانه وتعالى) akan membuat Anda dekat kepada-Nya. Kalau Anda mengingat Allah (سبحانه وتعالى), maka Allah (سبحانه وتعالى) akan mengingatmu. Meningat Allah (سبحانه وتعالى) berarti Anda mengingat kebaikan-Nya dengan pahala atas kebaikan yang engkau lakukan. Mengingat Allah (سبحانه وتعالى) berarti mengingat akan siksaan-Nya jika Anda melanggar perintah-Nya. Jika Anda dekat kepada Allah (سبحانه وتعالى), maka Anda senang dengan-Nya dan juga takut pula kepada-Nya. Kalau Anda selalu mengingat Allah (سبحانه وتعالى), maka pada saat Anda lupa, Allah (سبحانه وتعالى) akan megingat-Mu. Orang tidak mengingat Allah (سبحانه وتعالى) itulah yang selalu lupa diri dan melupakan dirinya. Jika Anda melupakan Allah (سبحانه وتعالى), maka Allah (سبحانه وتعالى) pun lebih melupakanmu.

5. Berdoalah kepada Allah (سبحانه وتعالى) untuk tuntunan-Nya.

Doamu kepada Allah (سبحانه وتعالى) adalah tanda kelemahanmu. Kalau engkau berdoa kepada Allah (سبحانه وتعالى), berarti Anda menyatakan kelemahanmu. Sebab doa itu pada umumnya dilakukan oleh orang-orang yang sedang mengalami kondisi lemah dan tidak berdaya. Cobalah perhatikan terhadap orang-orang yang berdoa. Untuk itulah, maka Allah (سبحانه وتعالى) dan rasul-Nya memerintahkan kepada hamba-Nya dan umatnya untuk selalu berdoa kepada-Nya, baik pada saat sulit, maupun pada saat senang. Berdoalah agar engkau selalu berada di jalan-Nya.

Semoga apa yang saya sampaikan di sini menjadi bahagian dari solusi dalam menjadikan nama-nama yang baik itu sesuai dengan harapan dan relaita dalam kehidupan. Semoga kita mampu menyesuaikan nama-nama yang baik yang kita sandang itu dengan realita dalam kehidupan. Semoga anak-anak kita yang sudah kita beri nama yang baik menjadi orang-orang yang baik di kemudian hari. Aamiin.


والله أعلمُ بالـصـواب
Wallahu A'lam Bishawab
"dan Hanya ALLAH (سبحانه وتعالى) yang Maha Mengetahui"


Doa Puasa Hari ke-20 Ramadhan

اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ فِيْهِ أَبْوَابَ الْجِنَانِ وَ أَغْلِقْ عَنِّيْ فِيْهِ أَبْوَابَ النِّيْرَانِ وَ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِتِلاَوَةِ الْقُرْآنِ يَا مُنْزِلَ السَّكِيْنَةِ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Allâhummaftah lî fîhi abwâbal jinâni wa agliq 'annî fîhi abwâban nîrân wa waffiqnî litilâwatil qur'âni yâ munzilas sakînata fî qulûbil mu'minîn

Artinya :
"Ya Allah, bukakanlah bagiku di bulan ini pintu-pintu menuju surga dan tutupkan bagiku pintu-pintu neraka. Berikanlah kemampuan padaku untuk menelaah Al Qur'an di bulan ini. Wahai yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin.

Aamiin YRA


🔬Mendeteksi Kesombongan🔭

Seorang pria yg bertamu di rumah Sang Kiyai tertegun keheranan. Dia melihat Sang Kiyai sedang sibuk bekerja sendiri menyikat lantai rumahnya sampai bersih.

Pria itu bertanya:
“Apa yg sedang Anda lakukan Pak Kiyai ?”.

Pak Kiyai menjawab:
“Tadi saya kedatangan tamu yg meminta nasehat. Saya berikan banyak nasehat yg bermanfaat. Namun, setelah tamu itu pulang saya merasa jd org Hebat. Kesombongan saya mulai muncul, krn itu, saya lakukan PEKERJAAN INI utk membunuh perasaan SOMBONG.”

SOMBONG adalah PENYAKIT yg sering menghinggapi kita semua, benih2nya kerap muncul tanpa kita sadari.

Ditingkat 1 :
SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR MATERI, di mana kita merasa :
~ Lebih kaya,
~ Lebih berkuasa,
~ Lebih tinggi jabatan,
~ Lebih rupawan, &
~ Lebih terhormat drpd org lain.

Ditingkat ke-2 : 
Sombong disebabkan oleh faktor kecerdasan kita merasa :
~ Lebih pintar
~ Lbh kompeten
~ Lbh b'pengalaman
~ Lbh b'wawasan dibandingkan org lain.

Ditingkat ke-3 :
SOMBONG disebabkan oleh FAKTOR KEBAIKAN, kita sering menganggap diri:
~ Lebih bermoral
~ Lebih pemurah &
~ Lebih bnyk amalnya
~ Lebih tulus dibandingkan dgn org lain.

Yg menarik...., Semakin Tinggi tingkat KESOMBONGAN kita, semakin sulit pula kita mendeteksinya.

SOMBONG krn MATERI mudah terlihat, namun SOMBONG krn PENGETAHUAN, apalagi SOMBONG KEBAIKAN, SULIT TERDETEKSI, krn seringkali hanya berbentuk benih2 halus di dlm batin kita.

Cobalah setiap hari, kita INTROSPEKSI diri kita krn setiap hal yg baik & yg bs kita lakukan hendaklah kita banyak2 bersyukur pada NYA krn semua itu adalah "ANUGRAH ALLAH (سبحانه وتعالى)"

KESOMBONGAN hanya akan membawa kita pd KEJATUHAN yg mendalam.

Tetap BERSABAR, RENDAH HATI sebab kadang org yg kita hadapi ternyata lbh hebat dr kita.

Semoga kita termasuk dlm org2 yg terhindar dr kesombongan dan termasuk dlm org2 yg bersabar memperoleh petunjuk dan keridhoan Allah (سبحانه وتعالى).

Aamiin Yaa Robbal Alamiin


Doa Puasa Hari ke-19 Ramadhan

Diriwayatkan dari Ibnu Abas (رضي الله عنه) dari Nabi :  “Yang berdoa dengan doa ini maka para malaikat langit dan bumi akan memohonkan ampunan baginya”.

اَللَّـهُمَّ وَفِّرْ فِيْهِ حَظِّيْ مِنْ بَرَكَاتِهِ، وَسَهِّلْ سَبِيْلِي اِلَى خَيْرَاتِهِ، وَلاَ تَحْرِمْنِيْ قُبُوْلَ حَسَنَاتِهِ، يَاهَادِياً اِلَى الْحَقِّ الْمُبِيْنِ

Allâhumma waffir fîhi hazh-zhî min barakâtihi, wa sahhil sabîlî ilâ khairâtihi, walâ tahrimnî qubûla hasanâtihi, yâ hâdiyan ilal haqqil mubîni.

Artinya:
"Ya Allah, berikanlah padaku di dalamnya bagian yang banyak dari keberkahan bulan ini. Mudahkanlah bagiku dalam menempuh jalan kesalehan. Janganlah Kau halangi daku dari mendapatkan kebaikan-kebaikannya. Wahai pemberi petunjuk ke jalan yang benar dan lurus."

Aamiin .... Yaa Robbal'Allamiin... 🙏

Doa Puasa Hari ke-18 Ramadhan

Diriwayatkan dari Ibnu Abas (رضي الله عنه) dari Nabi : “Yang membaca doa ini akan mendapat pahala 1000 nabi”.

اَللَّـهُمَّ نَبِّهْنِي فِيْهِ لِبَرَكاَتِ أَسْحَارِهِ، وَنَوِّرْ فِيْهِ قَلْبِي بِضِيَاءِ أَنْوَارِهِ، وَخُذْ بِكُلِّ أَعْضَائِيْ اِلَى اتِّبَاعِ آثَارِهِ، بِنُوْرِكَ ياَ مُنَوِّرَ قُلُوْبِ الْعَارِفِيْنَ .

Allâhuma nabbihnî fîhi libarakâti as-hârihi, wa naw-wir fîhi qolbî bidhiyâ’i anwârihi, wa khudz
bikulli a’dhâ-’î ilat-tibâ’i atsârihi, binurika yâ munawwira qulûbil ‘ârifîna.

Artinya:
"Ya Allah, bangunkanlah aku di dalamnya untuk mendapatkan keberkahan sahurnya, terangilah kalbuku di dalamnya dengan kecemerlangan cahaya-Nya. Jadikanlah semua anggota badanku mengikuti jejak-jejaknya, dengan pancaran cahaya-Mu. Wahai yang Mencerahi kalbu-kalbu para arifin.

Aamiin ... YRA



Sedekah Pada Orang Miskin Atau Pada Karib Kerabat?

°° " Lebih Utama Mana ".. Sedekah Pada Orang Miskin Atau Pada Karib Kerabat?

Pentingnya makna sedekah kepada orang lain yang membutuhkan sejalan dengan sabda Rasullulah ﷺ, "Barang siapa yang dapat melindungi dirinya dari api neraka, hendaklah ia bersedekah sekalipun hanya dengan sebutir korma. Kalau itu pun tidak ada, maka dengan kata-kata yang baik. (HR. Ahmad)

Begitu pentingnya sedekah membuat Rasullulah  ketat menghindari kesenangan duniawi. Lantas siapa yang Ia anjurkan untuk kita sedekahkan? Kepada orang Miskin Atau Pada Kerabat karib terdekat?

Karib Kerabat adalah semua yang mempunyai hubungan darah dengan kita mulai dari ibu bapak, saudara kandung, paman, bibi, keponakan, misanan, mindoan dstnya,

Pertanyaan diatas mungkin dirasa sepele namun kenyataannya, kebanyakan muslim yang belum tahu lebih memilih untuk bersedekah pada fakir miskin daripada bersedekah terhadap keluarga atau kerabatnya sendiri.

Padahal, Setiap perintah sedekah dan infak di dalam Al Qur’an, selalu yang pertama kali disebutkan adalah karib kerabat.

Seperti yang termaktub dalam ayat berikut ini:

وءاتى المال على حبه ذوى القربى

“….dan memberikan harta yang ia cintai kepada karib-kerabat…..” (QS. Al Baqarah 177)

وءات ذى القربى حقه والمسكين

“Dan berikanlah kepada karib-kerabat akan haknya dan orang miskin….” (QS. Al Isra 26)

Dan banyak lagi ayat lain yang senada dengan itu.

Jika kita cermati, ada satu pesan yang sangat penting untuk kita amalkan. Yaitu mendahulukan karib kerabat atau orang terdekat untuk menerima infak atau apapun bentuk kebaikan. Sebelum kita memberi kepada orang lain, kita harus perhatikan apakah ada di antara orang terdekat yang masih membutuhkan atau semua sudah makmur, tidak perlu disantuni lagi.

Amat disayangkan bila seseorang memiliki kekayaan yang membuat ia mampu menyantuni orang lain, dan sangat peduli  dengan masalah sosial di lingkungannya sehingga ia mudah memberi kepada fakir miskin, anak yatim dan berbagai bentuk amal sosial lainnya. Namun sayang beribu sayang ia sangat cuek dan pelit kepada karib kerabatnya sendiri. Barangkali ia merasa pemberian kepada keluarga terdekat tidak mendapatkan pahala. Padahal justru itulah yang lebih besar pahalanya di sisi Allah (سبحانه وتعالى). Oleh karena itu pemahaman yang salah ini perdu diluruskan.

Tidakkah memilukan, bila seseorang tinggal di rumah yang bagaikan istana, sementara saudara kandungnya tinggal di rumah RSSS (rumah sangat sederhana sekali). Tidakkah kita mengangkat alis bila seseorang mempunyai kekayaan besar, turun dari satu mobil mewah dengan dibukakan pintu oleh para ajudan, berpindah dari satu gedung mewah ke gedung mewah berikutnya, Namun saudara kandungnya menjadi kuli atau babu yang siap diperintah-perintah dengan suara tinggi sambil diacungi telunjuk kiri, wajahnya penuh ketakutan dengan kepala tertunduk serta badan yang membungkuk.

Ingatlah.. Rasulullah  bersabda:

….يا أمة محمد، والذي بعثني بالحق لا يقبل الله صدقة من رجل وله قرابة محتاجون إلى صلته ويصرفها إلى غيرهم. والذي نفسي بيده، لا ينظر الله إليه يوم القيامة

“….Wahai umat Muhammad, demi Allah yang telah mengutusku dengan kebenaran, Allah tidak akan menerima sedekah seseorang yang mempunyai kerabat yang membutuhkan bantuannya, sementara ia memberikan sedekah atau bantuan itu kepada orang lain. Dan demi Allah yang jiwaku berada dalam genggamannya, Allah tidak akan memandangnya di hari kiamat nanti”. (HR. Thabrani)

Rasulullah  juga pernah bersabda:

الصدقة على المسكين صدقة، وعلى القريب صدقتان، صدقة وصلة

“Sedekah kepada orang miskin dinilai satu sedekah, sedangkan kepada karib kerabat nilainya sama dengan dua, nilai sedekah dan nilai silaturrahmi”.

Ada pesan penting yang sangat jelas disini:

“Jika anda menjadi orang yang kaya, jadikanlah orang terdekat anda yang pertama sekali merasakan kekayaan itu. Ibu-bapak, anak-istri, saudara kandung, baru yang lainnya. Jangan sampai masyarakat anda memuji kedermawanan anda, sementara orang terdekat mengurut dada karena kebakhilan anda, padahal mereka dianggap kaya oleh orang lain karena anda sebagai saudaranya”

Penulis: Ustadz Zulfi
Semoga bermanfaat.
Aamiin Yaa Robbal'Alamiin.


Doa Puasa Hari ke-17 Ramadhan

بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على محمد وآل محمد

اَللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيْهِ لِصَالِحِ اْلاَعْمَالِ، وَاقْضِ لِي فِيْهِ الْحَوَائِجَ وَاْلاَمَالَ، يَا مَنْ لاَ يَحْتَاجُ اِلَى التَّفْسِيْرِ وَالسُّؤَالِ، يَا عَالِمًا بِمَا فِي صُدُورِ الْعَالَمِيْنَ، صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ الطَّاهِرِيْنَ .

Allâhummahdinî fîhi lishâlihil a’mâl, waqdhilî fîhil hawâija wal-amâl, yâ Mal lâ yahtâju ilat tafsîri was-suâl, yâ ‘âliman bimâ fî shudûril ‘âlamîn, shallî ‘alâ Muhammadin wa âlihith thâhrîn.

Artinya:
"Ya Allah, tunjuki aku di dalamnya untuk mengamalkan kesalehan, tunaikan bagiku di dalamnya semua keperluan dan cita-citaku, wahai Yang Tidak Memerlukan penjelasan dan permohonan, wahai Yang Mengetahui apa yang tersimpan dalam hati semua manusia, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya yang suci." (Mafâtihul Jinân: bab 2, pasal 3)


Serangan Jantung / Angin Duduk

Bgmn menghadapi serangan jantung seorang diri.... Belajar dari kasus Ireng Maulana...

" SERANGAN JANTUNG/ANGIN DUDUK- TIPS BUAT SEJAWAT .".

Luangkaan waktu 2 menit untuk membaca ini :

Tiba2 Anda mulai merasakan sakit yg amat sangat di dada serta mulai ketarik di bagian lengan dan rahang. Dan Anda tidak tahu , apakah Anda mampu sampai ke RS terdekat ?.

Bgmn melakukannya untuk diri Anda sendiri.
Bgmn pertolongan ketika SERANGAN JANTUNG terjadi pada diri sendiri ?,

Banyak kejadian serangan jantung terjadi ketika org tsb sedang sendirian, - org tsb merasakan jantungnya berdetak tdk normal & mulai merasakan sakit. Anda hanya mempunyai lebih kurang 10 menit aja sblm kehilangan kesadaran.

Namun sebenarnya Anda bisa menolong diri sendiri dgn cara :
- Berbatuk secara ber-ulang2, dengan semangat/kencang.
- Tarik nafas yg dalam setiap kali sblm batuk.
- batuk harus dalam dan berkepanjangan, spt mau membuang slim/dahak.
- Menarik nafas yg dalam dan batuk HARUS terus dilakukan sampai bantuan datang atau sampai detak jantung berasa normal kembali.
- Menarik nafas panjang & dalam,akan menarik banyak oxigen ke paru2, & batuk akan menekan (squeeze) jantung yang membuat darah tetap ter-sirkulasi.
- Dan tetap jaga kesadaran.... dgn cara : menggaruk-garuk di jari kelingking dengan ibu jari.....

==) Sebarkan info ini ke rekan, sejawat, sahabat sebanyak mgkn ini bisa membantu menyelamat-kan jiwa mereka !!!
Seorang ahli jantung mengatakan jika setiap kita menyebarkan info ini ke 10 org ,setidaknya akan menyelamatkan 1 jiwa.

dari :
Mylova Raynata Alumni FK UI bersama IDI Ikatan Dokter Indonesia & para Dokter Senior Cardiologist.



Jumat, 01 Juli 2016

Apa Hakikat Keikhlasan? [bagian-2]

Hati yang ikhlas adalah hati yang hanya berisi satu keinginan, yaitu keinginan untuk mendapatkan rahmat, dan ridha Allah (سبحانه وتعالى) semata. Hati yang hanya tertuju kepada Allah (سبحانه وتعالى). Hati yang hanya ditujukan untuk mendapatkan pujian dari Allah (سبحانه وتعالى) dengan pahala. Dari sinilah lalu kita berkata “Aku ikhlas melakukan sesuatu itu hanya karena Allah (سبحانه وتعالى)., karena hanya ingin mendapat rahmat dan ridha-Nya. Lakukanlah setiap amal Anda hanya dengan satu harapan, ridha dan rahmat Allah (سبحانه وتعالى).

Hati yang tidak ikhlas adalah hati yang berisi tidak hanya satu keinginan, tetapi juga memiliki keinginan dan harapan yang lain. Yang diharapkan dari hati yang tidak ikhlas, tidak hanya dari Allah (سبحانه وتعالى)., tetapi juga dari yang lain, dari manusia, atau dari tujuan yang lain. Hati yang tidak ikhlas itu adalah hati yang memiliki lebih dari satu tujuan atau lebih dari satu keinginan atau harapan.

Ketika Anda melaksanakan puasa, maka laksanakanlah puasa itu hanya dengan mengharap ridha dan rahmat Allah (سبحانه وتعالى). Laksanakan semua ibadah yang diperintahkan oleh Allah (سبحانه وتعالى) dan Rasul-Nya dengan ikhlas hanya untuk mendapatkan rahmat dan ridha-Nya. Itulah sebabnya, maka setiap amal yang kita lakukan harus diniatkan, hanya karena Allah (سبحانه وتعالى), bukan karena yang lain. Inilah yang disebut dengan “Ikhlas kepada Allah (سبحانه وتعالى).”

Jika Anda melaksanakan suatu perintah agama, tidak hanya mengharapkan ridha dan rahmat Allah (سبحانه وتعالى), tetapi juga di dalam hati Anda terbetik keinginan atau harapan untuk mendapat pujian dari orang lain, misalnya dari calon isteri/suami Anda, calon mertua Anda, dari bos Anda, dari atasan Anda, atau dari siapa pun, maka pada saat itulah hati Anda menjadi hati yang tidak ikhlas.

Orang yang hatinya ikhlas dalam melakukan sesuatu adalah orang yang selalu melakukan sesuatu tanpa ada pamrih yang lain. Dia akan bekerja dengan penuh antusias, penuh semangat, dan penuh motivasi. Orang yang seperti, kalau bekerja, tidak perlu diawasi, tidak perlu dikontrol. Karena keikhlasannya kepada Allah (سبحانه وتعالى), dia meyakini bahwa Allah (سبحانه وتعالى) selalu mengawasi dan mengontrolnya.

Orang yang ikhlas adalah orang yang hatinya selalu lapang, hatinya luas, hatinya tidak sempit, hatinya tidak keras. Orang seperti ini, jika memberi pelayanan, dia akan memberi pelayanan yang terbaik kepada siapa pun dengan tulus, dengan penuh antusias. Dia juga selalu memberi pelayanan dengan penuh ceria, gembira, dan menyenangkan. Orang seperti ini pula selalu menghasilkan pekerjaan yang sangat baik dengan hasil yang optimal.

Oleh sebab itu, ikhlaskan hatimu dalam melaksanakan segala sesuatu, apa saja yang Anda lakukan, pekerjaan apa saja yang ditugaskan kepada Anda, hanya untuk menggapai ridha dan rahmat Allah (سبحانه وتعالى). Amalmu itu akan mendapatkan pahala dari Allah (سبحانه وتعالى), di samping mendapat gaji dari pekerjaanmu itu. Dengan ikhlas, hatimu jadi selalu tenang, gembira, dan ceria. Semoga Allah (سبحانه وتعالى) memberi kekuatan kepada kita untuk kita selalu melaksanakan amal dan tugas kita dengan hati yang ikhlas. Aamiin. Wallaahu a’lam bi al-shawab.

[Bagian-1] Apa Hakikat Keikhlasan?


Apa Hakikat Keikhlasan? [bagian-1]

Oleh: Ahmad Thib Raya Al-Yaminy

Saya angkat tema ini atas perimintaan seorang murid saya. Dia meminta saya agar dapat menjelaskan tentang makna keikhlasan itu. Mari kita simak uraian berikut.

Kita sering mendengar atau menggunakan kata “keikhlasan” dalam pergaulan kita sehari-hari, terutama dalam kaitannya dengan melakukan sebuah pekerjaan. Misalnya, “Lakukanlah tugasmu, amalmu dengan penuh keikhlasan.” “Lakukanlah semua pekerjaanmu dengan ikhlas.”

Kata “keikhlasan” adalah salah satu kata Arab yang sudah diserap oleh bahasa Indonesia, dan kini menjadi salah satu kata baku di dalam bahasa Indonesia. Asal kata “keikhlasan” adalah “ikhlas” (إخلاص) yang diawali dengan awal “ke-“ dan akhiran “-an.” Untuk menelusuri makna asal dari kata ini, mari kita lihat terlebih dahulu bentuk kata itu di dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Arab.

Kata “ikhlas” (إخلاص) ini berasal dari kata “khalasha” (خلص), yaitu bentuk kata kerta “intransitif,” yang berarti “murni, tidak bercampur dengan sesuatu, bersih, jernih.” Seperti dalam ungkapan “Air itu murni, bersih, dan jernih” (خلص الماء). “Air murni, bersih, dan jernih, tidak bercampur dengan apa pun” disebut الماء الخالص (al-maa’u al-khaalish-u). Kata kerja ini lalu ditambahkan di awalnya “أ” (hamzah), sehingga menjadi “akhlasha” (أخلص), yang berarti “memurnikan, membersihkan, dan menjernihkan sesuatu.”

Kalau ada orang yang berakata kepada Anda “Ikhlaskan hatimu dalam beramal dan bekerja,” maka maksudnya adalah “Murnikan, bersihkan, dan jernihkan hati dalam beramal dan bekerja.” Orang yang ikhlas disebut “mukhlis,” yaitu orang yang mampu memurnikan, menjernihkan, dan membersihkan hatinya dari sesuatu yang dapat menghilangkan kemurniannya.

Keikhlasanmu berada di dalam hatimu. Tidak ada yang tahu, apakah Anda ikhlas atau tidak dalam melakukan sesuatu. Yang tahu tentang keikhlasan hatimu adalah Anda sendiri dan Allah (سبحانه وتعالى). Orang lain tidak dapat mengetahui keikhlasan hati seseorang karena keikhlasan itu berada di dalam hati. Ikhlas itu bercokol di dalam hati. Kalau Anda mengatakan bahwa dia sangat tulus melakukan pekerjaan itu, itu hanya dugaan belaka.

Hati yang murni itu bukan berarti hati yang kosong dari sesuatu. Hati yang kosong dari sesuatu bukanlah hati yang murni, tetapi hati yang kosong, hati yang tidak berisi sesuatu, yang di dalam bahasa Arab disebut القلب الخالي (al-qalb-u al-khaaliy). Hati yang murni atau ikhlas itu adalah hati yang hanya berisi satu sesuatu, tidak ada campurannya dengan sesuatu yang lain.

Sebagai contoh.  Ambillah  sebuah gelas dari kaca yang bening, lalu letakkan di atas meja. Gelas itu jangan diisi dengan apapun. Anda berkata “Gelas itu bening, kosong dari sesuatu, tidak berisi apa-apa.” Demikianlah hati yang kosong, dan bening itu. Lalu kalau gelas yang ada di atas meja itu Anda isi dengan air putih, bersih, murni, dan jernih, tidak bercampur dengan apa pun, maka Anda akan berkata bahwa “Gelas itu ikhlas.” Artinya, gelas itu tidak berisi sesuatu yang lain kecuali air putih itu.” Demikianlah hati yang ikhlas itu, adalah hati yang hanya berisi satu sesuatu, tidak dicampur sedikit pun dengan benda yang lain. Kalau Anda memasukkan air teh, air gula puith, atau air gula merah, maka gelas itu tidak ikhlas lagi, karena isinya lebih dari satu benda. Demikianlah hati yang tidak ikhlas itu, adalah hati yang tadinya berisi satu benda, lalu bercampur dengan sesuatu benda yang lain. Atau hati yang isinya sudah bercampur dengan sesuatu yang lain.

[Bagian-2] Apa Hakikat Keikhlasan?


Doa Puasa Hari ke-16 Ramadhan


اَللَّهُمَّ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِمُوَافَقَةِ الْأَبْرَارِ وَ جَنِّبْنِيْ فِيْهِ مُرَافَقَةَ الْأَشْرَارِ وَ آوِنِيْ فِيْهِبِرَحْمَتِكَ إِلَى (فِيْ) دَارِ الْقَرَارِ بِإِلَهِيَّتِكَ يَا إِلَهَ الْعَالَمِيْنَ

"Allahumma wafiqnii fiihi limuwaafaqati abraari wa jannibnii fiihi muraafaqatal asyraari wa ad khilnii fiihi birahmatika iilaa(fii)daaril qarrar bil hiyyatika yaa ilaahal aa’lamiin"                              

Artinya:
"Yaa Allah, berikanlah taufik kepadaku dibulan ini untuk berkumpul bersama orang2 baik, jauhkanlah aku di bulan ini dari bersahabat dgn orang2 jahat, dan dengan rahmat-Mu tempatkanlah aku dibulan ini didlm rumah keabadian dengan ketuhanan-Mu wahai Tuhan sekalian alam"
Aamiin Allahumma aamiin...🙂

نَوَيتُ صَومَ غَدِِ عَن أَدَاءِ فَرضِ شَهرِ رَمَضَانَ هَذِهِ سَنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

"Nawaitu Shauma Ghadin 'An Adai Fardhi Syahri Ramadhana Hadzihi Sanati Lillahi Ta'ala"

("Niat Saya berpuasa esok hari utk menunaikan fardhu dibulan Ramadhan tahun ini, krn Allah Ta"ala")


Membuat Allah (سبحانه وتعالى) Senang

Nabi Musa : Wahai Allah (سبحانه وتعالى) aku sudah melaksanakan ibadah.
Lalu manakah ibadahku yang membuat Engkau senang ?

Allah (سبحانه وتعالى) : Sholat mu itu untukmu sendiri, karena dengan mengerjakan sholat, engkau terpelihara dari perbuatan keji dan munkar.

Dzikir ? Dzikirmu itu membuat hatimu menjadi tenang.

Puasa ? Puasamu itu melatih dirimu untuk memerangi hawa nafsumu.

Nabi Musa (عليه السلام) : Lalu apa ibadahku yang membuat hatiMu senang ya Allah ?

Allah (سبحانه وتعالى) :
SEDEKAH, INFAQ dan ZAKAT serta AHLAQUL KARIMAHmu.
Itulah yang membuat Aku senang, karena tatkala engkau membahagiakan orang yang sedang susah, Aku hadir disampingnya. Dan Aku akan mengganti dengan ganjaran 100 kali ( Al-Baqarah 261-262).

Nah, bila kamu sibuk dengan ibadah ritual dan bangga akan itu maka itu tandanya kamu hanya mencintai dirimu sendiri, bukan Allah (سبحانه وتعالى).
Tapi, bila kau berbuat dan berkorban untuk orang lain serta melunakkan hatimu kepada orang lain maka itu tandanya kau mencintai Allah (سبحانه وتعالى) dan tentu Allah (سبحانه وتعالى) senang karenanya.
Buatlah Allah (سبحانه وتعالى) senang maka Allah (سبحانه وتعالى) akan limpahkan rahmat-Nya dengan membuat hidupmu lapang dan bahagia

Barokallahu fiikum.
Semoga bermanfa'at
Amien Yarobb
Ramadhan Kareem


Perjalanan Umur

🌿🌷🌺🙏🌺🌷🌿

Goresan jejak kehidupan...

Ketika umur kita dibawah 10 tahun, kita merasa bahwa bermain merupakan suatu yang sangat penting.
Sebab itu,
Kita suka bermain. Pagi, sore, siang, malam, bermain terus.

Ketika umur kita belasan tahun, kita merasakan kebebasan itu lebih penting.
Sebab itu,
kita ingin menyuarakan pendapat sendiri.
Ingin suara didengari.
Kita banyak memberontak dan sedikit keras kepala.
Kita mulai bandel dan tidak suka dengar nasihat.

Beranjak ke umur 20-an, kita merasakan pendidikan dan kerja begitu penting.
Sebab itu,
kita belajar sungguh-sungguh untuk memperoleh kerja yang sesuai.
Kadang-kadang kita menyesal, kenapa dulu tidak belajar sungguh-sungguh, biar dapat pekerjaan yang baik seperti kawan-kawan yang lain.
Alangkah ruginya kita telah berleha-leha sebelum ini.

Meningkat ke umur 30-an, kita semakin sadar bahwa keuangan itu sangat penting.
Sebab itu,
masa inilah kita membina hidup.
Membina keluarga.
Ingin membeli kendaraan,  rumah, tanah, aset, melancong dan sebagainya.

Namun akhirnya, kita pun memasuki fase 40-an.
Perkara yang paling penting dalam hidup ialah kesehatan.
Kekayaan dan lain-lain tidak berarti dengan kesehatan yang tidak memuaskan. Pada masa ini darah tinggi, diabetes, asam urat, kolesterol, jantung koroner  dan lain-lain sedang melamar kita.
Masa inilah kita bisa menyesal karena sudah terlalu sering makan yang enak2 dan sibuk kerja, sehingga lupa untuk bersenam dan menjaga kesehatan.

Memasuki era 50-an, tatkala kita sudah memiliki semua impian, akhirnya kita sadar bahwa perkara yang lebih penting dalam hidup ialah kasih sayang.
Kita sedikit kesunyian tatkala anak-anak sudah berumah tangga dan tinggal di tempat lain.
Anak-anak yang sibuk dengan kerjanya masing-masing menjadikan kita rindu saat-saat indah bersama mereka dahulu.
Rumah besar, mobil besar seakan-akan tidak lagi berarti.

Kehidupan terus berjalan.
Tatkala memasuki usia 60-an, kitapun semakin sadar bahwa hanya amal ibadahlah bekal yang akan dibawa ke alam sana.
Segala kemewahan dan kebendaan tidak lagi bermakna.
Kubur bakal menjemput kapan saja.
Mujurlah kita sempat sadar dan Allah masih membuka pintu taubat yang kita mohonkan.
Masih tersisa waktu untuk menambah bekal.

Rosulullah SAW bersabda:
"Cari kesempatan yang lima,  sebelum datang lima lainnya".
1. Masa mudamu sebelum datang masa tua,
2. Masa sehatmu sebelum datang masa sakit,
3. Masa kayamu sebelum datang masa miskin,
4. Masa luangmu sebelum datang masa sibuk,
5. Masa hidupmu sebelum datang kematian.”
(HR. Al Hakim)

Mari siapkan bekal, hidup ini hanya sementara.


Doa Puasa Hari ke-14 Ramadhan

Assalamu'alaikum wrwb...

اَللَّهُمَّ لاَ تُؤَاخِذْنِيْ فِيْهِ بِالْعَثَرَاتِ وَ أَقِلْنِيْ فِيْهِ مِنَ الْخَطَايَا وَ الْهَفَوَاتِ وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ فِيْهِ غَرَضًا لِلْبَلايَا وَ الآفَاتِ بِعِزَّتِكَ يَا عِزَّ الْمُسْلِمِيْنَ

Artinya :
    "Ya Allah! Mohon Janganlah ENGKAU tuntut dari kami di bulan ini semua kesalahan yang aku lakukan. Hapuskan seluruh kesalahan & kebodohan ku. Hindarkan aku dari bencana & malapetaka. Demi kemuliaan-MU, Wahai sandaran Kemulian kaum Muslimin..." Aamiin Ya Robbal'alamiin...🙏🏽


Mengapa Bulan Ramadhan Dinamai Bulan Kesabaran? [bagian-2]

Untuk menahan diri dari keinginan hawa nafsu untuk makan, minum, merokok, dan berhubungan badan dengan suami/isteri pada waktu yang dilarang itu, perlu ada kekuatan tersendiri yang luar biasa yang dapat menahan nafsu agar tidak melakukan hal demikian itu. Kekuatan itu adalah kesabaran. Hanya kekuatan kesabaran yang ada di dalam hati manusia itulah yang dapat menahan nafsu agar tidak melakukan perbuatan yang melanggar itu, dan kekuatan kesabaran pulalah yang dapat mengendalikan nafsu itu.

Jika kepada Anda dihidangkan makanan yang enak di siang hari bulan Ramadhan, kalau Anda tidak memiliki kekuatan kesabaran, pastilah Anda akan memakannya hingga habis. Jika kepada Anda dihidangkan minuman segar yang sangat enak pada waktu yang sama, apalagi kalau minuman itu merupakan kesenangan Anda, jika Anda tidak memiliki kesabaran di dalam diri Anda, pasti Anda meminumnya. Bahkan, mungkin Anda meminta tambahannya lagi. Semua keinginan untuk mengkonsumsi hidangan tidak akan terjadi kalau Anda tidak memiliki kesabaran yang kuat di dalam diri Anda. Apa pun yang dihidangkan kepada Anda, seenak apa pun makanan itu di siang hari bulan Ramadhan, tidak akan pernah Anda mau melakukannya, jika kekuatan sabar ada di dalam hati Anda.  Kesabaran itu yang menghalangi nafsu Anda melakukan hal yang demikian.

Di dalam bulan Ramadhan, Anda tidak hanya berkwajiban menahan diri dari makanan, minuman, dan berhubungan dengan suami/isteri serta hal-hal lain yang dilarang dilakukan pada siang hari bulan Ramadhan, tetapi juga Anda harus menunaikan semua kewajiban-kewajiban yang lain, seperti shalat fardu lima kali sehari semalam, melaksanakan shalat jumat bagi kaum laki-laki, serta melaksanakan tugas-tugas keduniaan Anda di kantor, di tempat Anda bekerja, sebagai sumber kehidupan Anda. Bahkan, tidak hanya itu yang dilakukan, Anda juga berusaha melakukan ibadah-ibadah sunnat yang disunnatkan kepada Anda, walau pun Anda merasa sangat lelah dan letih. Shalat Tarawih dan witir Anda lakukan, serta ibadah-ibadah sunnah yang lainnya tidak luput dari Anda. Semua ibadah itu tidak akan pernah Anda lakukan, jika di dalam diri Anda tidak kekuatan kesabaran yang mendorong Anda untuk melakukannya.

Imam Al-Ghazali rahimahullah pernah menyatakan bahwa “Kesabaran yang ada di dalam diri kita tidak hanya membuat kita sanggup menahan segala hal yang tidak menyenangkan, derita, kesulitan, dan gangguan yang kita alami di dalam hidup, tetapi juga membuat kita sanggup melakukan segala yang positif yang diperintahkan oleh agama kepada kita.”

Yang jelas bahwa bulan Ramadhan adalah bulan latihan di mana setiap muslim harus berlatih diri untuk melahirkan kekuatan kesabaran di dalam dirinya. Sabar dalam menahan diri dari semua hal yang dilarang, baik secara temporal seperti menahan diri dari hal-hal yang dilarang pada siang hari maupun secara permanen, seperti perbuatan zina dan dilatih bersabar untuk melakukan hal yang dipandang berat, tetapi bernilai tinggi di mata Allah (سبحانه وتعالى)  dan Rasul-Nya.

Tidak mengherankan kalau orang-orang yang sabar itu adalah orang-orang yang disukai dan dicintai Allah (سبحانه وتعالى). Semoga dengan berpuasa ini kita menjadi orang-orang yang orang-orang yang bertakwa yang memiliki kekuatan kesabaran yang tinggi sehingga kita kita menjadimkn hamba-hamba yang dicintai oleh Allah (سبحانه وتعالى).  Aamiin. Walaahu a’lam bi al-shawaab.




Mengapa Bulan Ramadhan Dinamai Bulan Kesabaran? [bagian-1]

Oleh: Prof. A. Thib Raya

Di antara nama lain dari bulan Ramadhan adalah syarhr-u al-shabr-I (bulan kesabaran). Mengapa dinamai demikian? Mari kita lihat uraiannya sebagai berikut.

Ada orang yang tidak senang dengan kehadiran bulan Ramadhan karena bulan ini mengahalangi dia untuk melakukan secara terbuka kebiasaan-kebiasaan yang dilakukannya di luar bulan Ramdhan. Di luar bulan Ramadhan ia bisa makan kapan saja, ia bisa minum kapan saja, dan dia bisa melakukan apa saja yang dikehendakinya, kapan saja dan di mana saja. Ia dengan bebas melakukannya siang hari atau pada malam hari.

Berbeda halnya ketika dia berada di dalam bulan Ramadhan. Kehadiran bulan Ramadhan mengharuskan dia tidak makan, tidak minum, tidak merokok, dan tidak berhubungan badan dengan isteri/suaminya, atau hal-hal lainnya yang dilarang dilakukan sepanjang siang hari di bulan Ramadhan, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Sebab, ibadah puasa yang diwajibkan di dalam bulan Ramadhan  menghalangi dia melakukan semua itu. Aturan itu menyebabkan dia terhalang melakukan semua itu.

Kebutuhan akan makanan, minuman, dan bahkan berhubungan badan dengan suami/isteri merupakan kebutuhan biologis yang sangat esensial (mendasar) dalam kehidupan manusia sehari-hari. Manusia, jika tidak makan dan tidak minum, tidak sanggup bertahan hidup. Tanpa terpenuhinya kebutuhan yang esensi itu manusia tidak akan bisa hidup. Keinginan untuk makan, minum, merupakan keinginan nafsu yang harus dipenuhi demi kelanjutan kehidupan. Bahkan, manusia rela untuk melakukan hal-hal yang negatif sekalipun, dalam rangka mendapatkan apa yang dapat memenuhi keinginan hawa nafsu itu dalam hal makan dan minum itu.

Niat puasa yang kita ucapkan setiap malam sebelum imsak dengan mengatakan  نويت صوم غد yang dikuatkan dengan hati kita, pada hakikatnya mengandung makna bahwa kita sudah bersiap untuk menahan diri dari makanan, minum dan hal-hal lain yang dilarang pada esok harinya dengan kekuatan kesabaran yang ada di dalam hati kita. Berpuasa artinya bersabar menghadapi semua tantangan yang dihadapi dalam kaitannya dengan keinginan untuk makan, minum, dan lainnya selama sehari penuh. Itulah sebabnya, setiap malam kita harus berniat.

[Bagian-2] Mengapa Bulan Ramadhan Dinamai Bulan Kesabaran?


Doa Puasa Hari ke-13 Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahiim

اَللَّهُمَّ طَهِّرْنِيْ فِيْهِ مِنَ الدَّنَسِ وَ الْأَقْذَارِ وَ صَبِّرْنِيْ فِيْهِ عَلَى كَائِنَاتِ الْأَقْدَارِ وَ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِلتُّقَى وَ صُحْبَةِ الأَبْرَارِ بِعَوْنِكَ يَا قُرَّةَ عَيْنِ الْمَسَاكِيْنِ

Allâhumma thahhirnî fîhi minaddanasi wal aqdzâr wa sabbirnî fîhi ‘ala kâinâtil aqdâri wawaffiqnî fîhi littuqâ wa suhbatil abrâr bi’aunika yâ qurrata ‘ainil masâkîn.

Artinya:
“Ya Allah! Mohon sucikanlah diri kami di bulan ini dari segala nista dan perbuatan keji. Berilah aku kesabaran atas apa yang telah Engkau tetapkan. Anugerahkan kepada kami ketakwaan dan persahabatan dengan orang-orang yang baik dengan pertolongan-MU, Wahai cahaya hati orang-orang yang miskin”. Aamiin Yaa Rabbal'alamiin

Doa Puasa Hari ke-12 Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahiim

اَللَّهُمَّ زَيِّنِّيْ فِيْهِ بِالسِّتْرِ وَ الْعَفَافِ وَ اسْتُرْنِيْ فِيْهِ بِلِبَاسِ الْقُنُوْعِ وَ الْكَفَافِ وَ احْمِلْنِيْ فِيْهِ عَلَى الْعَدْلِ وَالإِنْصَافِ وَ آمِنِّيْ فِيْهِ مِنْ كُلِّ مَا أَخَافُ بِعِصْمَتِكَ يَا عِصْمَةَ الْخَائِفِيْنَ

Allâhumma zayyinî fîhi bissitri wal 'afâf wasturnî fîhi bilibâsil qunû'i wal kafâf wahmilnî fîhi 'alal 'adli wal inshâf wa Wa âminnî fîhi min kulli mâ akhâfu bi'ismatika ya 'ismatal khâifîn

Artinya :
"Ya Allah, mohon hiasilah aku di bulan ini dengan penutup aib dan kesucian. Tutupilah diriku dengan pakaian kecukupan dan kerelaan diri. Tuntunlah aku untuk senantiasa bersikap adil dan taat. Selamatkanlah aku dari segala sesuatu yang aku takuti. Dengan Perlindungan-Mu, Wahai tempat bernaung bagi mereka yang ketakutan."

 Aamiin Yaa Rabbal Al ' amiin

Shalawat dan Membaca surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Mari kita bershalawat untuk Nabi Muhammad Shalallahu ‘ Alaihi Wasallam

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّد

Allahumma shalli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad.

Dalilnya:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أَكْثِرُوا مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ ولَيْلَةِ الْجُمْعَةِ فَمَنْ فَعَلَ ذَالِكَ كُنْتُ لَهُ شَهِيْداً وَ شَفِيْعاً يَوْمَ الْقِيَامَةِ –البيهقي

Artinya:
"Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,”Banyaklah bershalawat kepadaku di hari Jumat dan malam Jumat. Barang siapa melakukan hal itu, maka aku menjadi saksi dan pemberi syafa’at baginya di hari kiamat." (HR. Al Baihaqi, dihasankan oleh As Suyuthi).

Membaca surat Al-Kahfi

Mari hidupkan juga sunnah membaca surat Al-Kahfi

Sunnah membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’at-nya. Dan malam Jum’at diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’at-nya. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kesempatan membaca surat Al-Kahfi adalah sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis sore sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’at.

Imam Al-Syafi’i rahimahullah dalam Al-Umm menyatakan bahwa membaca surat Al-Kahfi bisa dilakukan pada malam Jum’at dan siangnya berdasarkan riwayat tentangnya. (Al-Umm, Imam al-Syafi’i: 1/237).

Mengenai hal ini, al-Hafidzh Ibnul Hajar rahimahullaah mengungkapkan dalam Amali-nya: Demikian riwayat-riwayat yang ada menggunakan kata “hari” atau “malam” Jum’at. Maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud “hari” temasuk malamnya. Demikian pula sebaliknya, “malam” adalah malam Jum’at dan siangnya. (Lihat: Faidh al-Qadir: 6/199).

Kesempatan membaca surat Al-Kahfi adalah sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis sore sampai terbenamnya matahari pada hari Jum'at.

بارك اللّـﮧ فـيكمے