Jumat, 13 Mei 2016

Hal-hal yang Menaikkan Derajat

🍀 HAL HAL YANG MENAIKKAN DERAJAT ☘

" Rendah hati tidak menambah kepada seorang hamba kecuali pengangkatan, karena itu berendah hatilah kalian, niscaya Allah (سبحانه وتعالى) akan mengangkat derajat kalian. Memaafkan tidaklah menambah kepada seorang hamba kecuali kemuliaan, karena itu perbanyaklah maaf kalian, niscaya Allah (سبحانه وتعالى) akan memuliakan kalian. Tiadalah sedekah itu melainkan makin menambah banyak harta, karena itu bersedekahlah kalian, niscaya Allah (سبحانه وتعالى) merahmati kalian. " ( HR. Ibnu Abi Dun-ya )

Syarah/penjelasannya :

Barangsiapa yang bertawadhu karena Allah (سبحانه وتعالى), niscaya Allah (سبحانه وتعالى) akan mengangkat kedudukannya ; dan barangsiapa yang memaafkan karena Allah (سبحانه وتعالى), niscaya Allah (سبحانه وتعالى) akan memuliakannya; dan barangsiapa yang bersedekah karena Allah (سبحانه وتعالى), niscaya Allah (سبحانه وتعالى) akan memperbanyak hartanya.

Tiga hal diatas sebaiknya kita lakukan, tidak ada satupun dari hal diatas yang memberatkan :

1 Rendah hati tidak akan membuat kita jadi terhina, tapi justru akan melahirkan kemuliaan, kita akan memperoleh simpati dari orang lain karena kita dianggap tidak sombong. Allah (سبحانه وتعالى) sangat membenci hambanya yang sombong. Sifat sombong hanya disukai dan dimiliki oleh iblis laknatullaah.

2 Memaafkan kesalahan orang lain terkadang sulit. Memaafkan kesalahan orang lain memerlukan kelapangan hati dan kebersihan pikiran. Kita harus sadar, setiap manusia pasti pernah berbuat salah, termasuk kita. Jadi mengapa kita tidak mau memaafkan kesalahan orang lain. Allah (سبحانه وتعالى) saja mau memaafkan kesalahan hambanya. Allah (سبحانه وتعالى) akan memuliakan seorang hamba kalau dia mau memaafkan kesalahan orang lain.

3 Bersedekah adalah tindakan yang sangat terpuji, karena dengan bersedekah kita sudah membantu beban berupa kekurangan orang lain. Jangan takut harta kita akan berkurang atau habis karena kita bersedekah. Allah (سبحانه وتعالى) sudah menjamin bahwa orang yang rajin bersedekah, maka Allah (سبحانه وتعالى) akan memperbanyak hartanya, ( baik berupa nominalnya maupun barokahnya.)

Sumber: Indeks Hadits dan Syarah, buku 1 Hadits: 46, hal. 101, Karya: Buya HM. Alfis Chaniago :
08129163675
🍎☘🍇🍀🌴🌒


Tidak ada komentar:

Posting Komentar