Selasa, 23 Februari 2016
Joke Narsis....
Bis apa yg pling keren ?
Bisa jadi gue ...:-)
BUS apa yg enak dipandang?
BUSet gue lagi . :-D
LAGU apa yg pling disukai?
LAGUe Laaah .:-o
KURA2 apa yg pling manis?
KURAsa gue juga .:-p
RAS apa yg paling baek?
RASanya masih gue deh .:-D
MAS apa yg lucu?
MASa gue lagi ?! :-O
"̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ
Minggu, 21 Februari 2016
Tahalul
Diambil dari beberapa sumber / situs untuk keperluan sendiri dan umum bagi kalian yang membacanya:
Haji Qiran: Umrah dan haji dilakukan secara bersamaan.
Haji Ifrad: Berhaji dan berumrah secara terpisah. Selesai haji baru umrah atau umrah sebelum musim haji, kemudian berhaji dimusim haji.
Haji Tamattu’: Mengerjakan umrah di musim haji, kemudian mengerjakan haji.
Sebagaimana ditegaskan dalam kitab Shahih al-Bukhari dan Muslim dari Hafshah, ia menanyakan: “Ya Rasulullah, mengapa orang-orang bertahallul dari umrah, sementara engkau sendiri tidak bertahalul dari umrahmu?” Maka Rasulullah pun menjawab, “Sesungguhnya aku telah membiarkan rambutku menggempal, kusut dan mengikat binatang kurbanku sehingga aku tidak akan bertahallul sebelum menyembelihnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Dan firman Allah: fa man kaana minkum mariidlan aubiHii adzam mir ra’siHii fa fidyatum min syiyaamin au shadaqatin au nusuk (“Jika ada di antara kamu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya [lalu ia mencukur], maka wajib baginya membayar fidyah, yaitu berpuasa, bersedekah atau berkurban.”)
Al-Bukhari meriwayatkan dari Abdur Rahman bin Ashbahani, aku pernah mendengar Abdullah bin Ma’qil berkata, aku pernah duduk dekat Ka’ab bin Ajrah di masjid ini, yaitu masjid Kufah. Lalu kutanyakan kepadanya mengenai fidyah dengan puasa, ia pun menjawab, aku pernah dibawa menghadap Nabi saw, sedang kutu berjatuhan di wajahku, maka beliau bersabda: “Aku tidak menduga bahwa gangguan yang engkau alami sampai seperti ini, apakah engkau mempunyai kambing?” “Tidak,” jawabku. Kemudian beliau saw. bersabda: “Berpuasalah tiga hari atau berikanlah makan kepada enam orang miskin, setiap orang miskin memperoleh setengah sha’ (Sha’ = 2 mud, 1 mud = 6 ons) makanan dan cukurlah rambutmu.” Jadi, lanjut Ka’ab bin Ajrah, ayat tersebut diturunkan khusus mengenai diriku, dan secara umum untuk kalian.
Imam Ahmad meriwayatkan, dari Ka’ab bin Ajrah, katanya, aku pernah dikunjungi Nabi ketika aku tengah menyalakan api di bawah kuali, sementara kutu berjatuhan di wajahku, atau ia mengatakan, di dahiku. Maka beliau pun bertanya, “Kutu-kutu kepalamu itukah yang menyakitimu?” “Ya,” jawabku. kemudian beliau bersabda, “Cukurlah rambutmu dan berpuasalah tiga hari atau berikanlah makan kepada enam orang miskin atau sembelihlah kurban.”
Mengenai hadits di atas, Ayub mengatakan, “Aku tidak tahu, mana yang didahulukan.”
Hadits senada juga diriwayatkan Imam Malik, dari Ka’ab bin Ajrah.
Mengenai firman Allah Ta’ala: fa fidyatum min shiyaamin au shadaqatin au nusuk (“..Maka wajib baginya membayar fidyah, yaitu berpuasa, atau bersedekah, atau berkurban,..”) Ibnu Abbas, mengatakan, “Jika menggunakan kata “au” (atau), maka manapun dari ketiga hal itu yang engkau kerjakan, maka engkau akan mendapatkan pahala.”
Berkenaan dengan hal itu, penulis (Ibnu Katsir) katakan, yang demikian itu merupakan madzhab empat imam dan utama pada umumnya. Dalam hal ini, seseorang diberikan pilihan, jika menghendaki ia boleh berpuasa, dan jika menghendaki ia boleh bersedekah, dengan tiga sha’ makanan, setiap orang miskin mendapatkan setengah sha’ makanan atau sama dengan dua mud, dan jika berkehendak ia juga boleh menyembelih kurban dan menyedekahkannya kepada para fakir miskin. Artinya, mana saja dari ketiga hal itu yang dipilih, maka sudah cukup baginya.
Oleh karena lafadz al-Qur’an menerangkan keringanan, maka dijelaskan dari hal yang lebih mudah kepada yang lebih mudah lagi, yaitu: fa fidyatum min shiyaamin au shadaqatin au nusuk (“..Maka wajib baginya membayar fidyah, yaitu berpuasa, atau bersedekah, atau berkurban,..”)
Dan ketika Nabi saw. menyuruh Ka’ab bin Ajrah melakukan hal itu, beliau membimbingnya kepada pilihan yang lebih utama, beliau bersabda, “Sembelihlah kambing, atau berikan makanan kepada enam orang miskin, atau berpuasalah tiga hari.” Semuanya itu baik dalam kedudukannya masing-masing. Segala puji bagi Allah.
Hisyam menceritakan, Laits memberitahu kami, dari Thawus, bahwa ia pernah berkata: “Fidyah berupa kurban atau memberikan makanan, dilakukan di Makkah, sedangkan puasa, boleh dilakukan di mana saja.”
Hal yang sama juga dikemukakan oleh Mujahid, Atha’, dan Hasan al-Bashri.
sumber:
https://alquranmulia.wordpress.com/2015/04/06/tafsir-ibnu-katsir-surat-al-baqarah-ayat-196/
Tatacara dan Makna Tahallul dalam Umroh
Pelaksanaan Tahallul bagi jamaah umroh adalah setelah jamaah umroh selesai melakukan Sai setelah Thawaf. Jadi begitu selesai Sai atau berjalan tujuh kali dari bukit Shofa ke bukit Marwah, maka jamaah Umroh langsung melakukan Tahallul.
Pelaksanaan Tahallul jamaah umroh tentu saja selalu dilakukan di bukit Marwah. Untuk jamaah umroh wanita, cukup dengan mengunting atau memotong tiga helai rambutnya. Sementara bagi jamaah laki-laki disunnahkah untuk menggundulnya secara plontos. Jamaah wanita tentu saja dipotong oleh jamaah wanita lain yang sudah bertahallul atau oleh suaminya. Haram dipotong oleh laki-laki lain yang bukan muhrimnya. Dan harus tetap menjaga auratnya selama pelaksanaan tahallul jangan sampai terlihat oleh orang lain yang bukan muhrim. Jadi bagi jamaah umroh wanita saat melakukan tahhalul memang perlu hati-hati.
Pelaksanaan cukup gundul bagi jamaah laki-laki tentu saja tidak dilakukan di bukit Marwah. Namun di luar Masjidil Haram. Biasanya setelah kita keluar dari pintu Masjidil Haram yang dekat dengan bukit Marwah banyak tukang cukur disana. Jamaah laki-laki bisa minta dicukur gundul dengan biaya sekitar 10-20 Real.
Khusus bagi jamaah laki-laki yang sudah memiliki niat untuk badal umroh, baik untuk orang tua dan keluarga yang sudah tiada, atau sudah tua atau sedang jatuh sakit dan tidak memungkinkan berangkat ke Baitullah maka pada saat tahallul pada umroh pertama ini tentu jangan dicukur gundul. Nanti setelah pelaksanaan badal umroh selesai maka silakan tahallul dengan cukur gundul.
Mengapa cukur gundul? Karena Rasulullah Muhammad SAW mendoakan 1 kali bagi jamaah umroh dan haji yang tahallul dengan tidak mencukur gundul. Sedang bagi jamaah umroh dan haji yang bertahallul dengan cukur gundul Rasulullah Muhammad SAW mendoakan sebanyak 3 kali.
sumber:
http://perjalananumroh.com/doa/doa-umroh-haji/tatacara-dan-makna-tahallul-dalam-umroh-dan-haji
Hukum Gundul Rambut Kepala
Hukum gundul atau botak atau mencukur habis rambut kepala tergantung maksudnya. Jika maksudnya adalah untuk tahallul haji dan umrah, itu diperintahkan. Jika maksudnya karena hajat (kebutuhan), lalu menggundul habis rambut kepala, juga dibolehkan. Sedangkan jika maksudnya sebagai syiar ibadah atau menganggap hal itu sebagai ibadah, maka termasuk dalam bid’ah. Adapun selain tujuan tadi, maka dibolehkan.
Ibnu Taimiyah rahimahullah merinci hukum gundul menjadi empat macam, ini salah-satunya:
Menggundul habis rambut kepala ketika haji dan umrah, ini termasuk yang diperintahkan. Hal itu diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya, didukung dengan dalil Al Quran dan Hadits serta ijma’ (kesepakatan) para ulama.
Allah Ta’ala berfirman,
لَتَدْخُلُنَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ إنْ شَاءَ اللَّهُ آمِنِينَ مُحَلِّقِينَ رُءُوسَكُمْ وَمُقَصِّرِينَ لَا تَخَافُونَ
“(Yaitu) bahwa sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil Haram, insya Allah dalam keadaan aman, dengan mencukur rambut kepala dan mengguntingnya, sedang kamu tidak merasa takut.” (QS. Al Fath: 27).
Telah ada hadits yang mutawatir dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya beliau menggundul rambutnya saat haji dan umrahnya. Begitu pula hal ini dilakukan oleh para sahabat beliau. Di antara mereka ada yang menggundul habis saat tahallul, ada pula yang memendekkannya. Namun menggundul habis saat tahallul lebih utama daripada memendekkan. Oleh karenanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendoakan,
{ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُحَلِّقِينَ قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَالْمُقَصِّرِينَ ؟ قَالَ : وَالْمُقَصِّرِينَ }
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan pada para sahabat yang tidak membawa hadyu (hewan sembelihan) saat haji wada’ agar memendekkan rambut kepalanya selepas umrah, yaitu saat itu melakukan thawaf keliling Ka’bah dan bersa’i dari Shafa dan Marwah. Kemudian selepas melakukan haji, barulah mereka menggundul habis rambut kepalanya. Jadi ketika itu digabunglah antara memendekkan dan menggundul habis.
sumber:
https://rumaysho.com/8180-hukum-gundul.html
Jumat, 19 Februari 2016
Nasehat Cak Lontong
- Berhentilah menuntut ilmu, karena ilmu tidak bersalah.
- Jangan membalas budi karena belum tentu budi yang melakukannya.
- Jangan mengarungi lautan, karena karung lebih cocok untuk beras.
- Berhenti juga menimba ilmu, karena ilmu tidak ada di dalam sumur
- Yang paling penting, jangan lupa daratan, karena kalau lupa daratan akan tinggal dimana...???
- Jangan ngurusin orang karena belum tentu orang itu pengen kurus.
- Dan janganlah bangga menjadi atasan. Karena di Pasar Baru atasan 15rb dapat 3
Senin, 15 Februari 2016
Adab di saat Umroh
Adab di saat Umroh
Hal-hal yang harus diperhatikan Jamaah Umroh:
1. Sebelum berangkat, mohon maaf, kepada sanak saudara, handai-tolan, dll.
2. Sholat sunnah Syafar.
I. Di Pesawat:
Semoga bermanfaat, sekedar sumbang-saran dan pikiran.
Selamat jalan...
dari Jamaáh First Travel Kebon Jeruk
Hal-hal yang perlu diketahui dan diamalkan pula:
Kiswah adalah penutup kabah. kiswah ini terdiri dari beberapa ayat. Salah satunya Ayat 128 dari Surah Al-Baqarah. Letak Kiswah ini di atas Multazam persis kolom paling pojok atas. Ini adalah bentuk dari kiswah Al Baqarah 128.
secara jelas, agar dapat dibaca ini adalah ayatnya:
yang artinya adalah sebagai berikut:
"Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang."
Hal-hal yang harus diperhatikan Jamaah Umroh:
1. Sebelum berangkat, mohon maaf, kepada sanak saudara, handai-tolan, dll.
2. Sholat sunnah Syafar.
I. Di Pesawat:
- Sholat wajib dengan tayamum (senderan kursi).
- Perbanyak membaca Al-Qur'an dan dzikir, jangan banyak ngobrol.
- Teliti tas di kabin jika mau turun, pake tanda khusus.
- Pada saat di imigrasi, perbanyak sabaaar.
- Pilih koper, sesuai dengan tanda masing-masing pergunakan budaya antri.
- Saling tolong menolong, hormat menghormati, tegur sapa, hilangkan sifat egois.
- Jangan membuka aurat,jika keluar kamar, bapak2 jangan pake celana pendek (pake celana betawi).
- Jangan mengeluh, jika makan kurang sesuai dengan selera, nikmati apa yng ada. Bersyukur kepada Allah.
- Berangkat ke masjid Nabawi / Masjidil Harom, hendaknya lebih awal dari waktu, jangan sendiri, terutama perempuan.
- Hati2 menyimpan uang.
- Masuk masjid, perhatikan no pintu, agar pulang tidak nyasar, pulang sesuai dengan pintu yang kita masuk.
- Perbanyak membaca Al-Qur'an, dzikir, sholat sunnah, dan shalat wajib berjamaah dengan Imam Masjid. Sholat di Masjidil Harom, lebih utama 100.000x, dibanding sholat di masjid lain.
- Ketika Thowaf, (mengelilingi Ka'bah) mengikuti arah lurus dari hajar Aswad, kembali ke tempat awal 7x, jangan dorong2an, jangan ngobrol, dan jika ada barang jatuh, jangan diambil.
- Bila batal (kentut) harap keluar dari barisan, untuk ambil wudhu, dan lanjutkan thowaf.
- Sholat sunnah di Hijir Ismail 2 rokaat.
- Jangan memaksakan MENCIUM HAJAR ASWAD, bila tidak bisa, cukup istilam, dan jika ada JOKI yang menawarkan sebaiknya tidak usah.
- SA'I (berlari2 kecil, dari Shofa ke Marwah). Bagi wanita cukup dengan jalan cepat, untuk laki2 dianjurkan lari2 kecil, dari mulai tiang ijo.
- TAHALLUL (potong rambut) untuk laki2. Dianjurkan di cukur botak, to wanita paling sedikit 3 helai rambut.
- Multazam (letaknya antara Hajar Aswad dan pintu Ka'bah).
- Hijir Ismail (setengah lingkaran di Masjidil Harom, di bawah pancuran mas).
- Rhoudoh di Masjid Nabawi, Madinah, (letaknya, antara makam Rosulullah, dan mimbarnya Rosul).
- Arofah (kalau musim haji).
Semoga bermanfaat, sekedar sumbang-saran dan pikiran.
Selamat jalan...
dari Jamaáh First Travel Kebon Jeruk
Hal-hal yang perlu diketahui dan diamalkan pula:
Kiswah adalah penutup kabah. kiswah ini terdiri dari beberapa ayat. Salah satunya Ayat 128 dari Surah Al-Baqarah. Letak Kiswah ini di atas Multazam persis kolom paling pojok atas. Ini adalah bentuk dari kiswah Al Baqarah 128.
secara jelas, agar dapat dibaca ini adalah ayatnya:
yang artinya adalah sebagai berikut:
"Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang."
Jumat, 11 Desember 2015
Delapan Unit Pesawat N219 Buatan PTDI Dipesan Malaysia
Copas utk Kliping.
TEMPO.CO, Bandung - Direktur Utama PT Air Born Indonesia Rull De Leon Nacachi mengatakan, perusahaannya sudah memesan delapan unit N219 rancangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan PT Dirgantara Indonesia. “Kami sudah menandatangani LoI (Letter Of Intent), dan harganya sudah kami sepakati, dan itu kompetitif,” kata dia di sela perkenalan perdana fisik N219 di hanggar kompleks PT Dirgantara Indonesia atau PT DI di Bandung, Kamis, 10 Desember 2015.
Rull mengatakan, perusahaannya yang bermodal patungan dengan investor Malaysia, berbisnis dengan menyewakan pesawat charter dan layanan penerbangan perintis untuk usaha pertambangan, saat ini memiliki enam pesawat jenis Twin Otter. Pesawat N219 itu rencananya akan mengganti semua armada pesawat mereka di Indonesia.
Menurut Rull, N219 yang dipasarkan sekitar US$ 5 juta, terhitung murah dibandingkan dengan Twin Otter yang produk terbarunya dibanderol US$ 8 juta. “Selain murah, teknologinya lebih tinggi. Dan kami sudah mengerti dengan pengalaman PT DI, kami punya pengalaman dengan pesawat-pesawat lama PT DI ‘performance safety’ bagus,” kata dia.
Rull mengklaim, perusahaannya akan memesan lebih banyak lagi selepas menerima delapan unit mulai 2017. Modal pemesanan delapan unit N219 saat ini, diakuinya berasal dari kredit investasi mitranya di Malaysia. “Kami akan melanjutkan dengan membeli 40 unit,” kata dia.
Menurut Rull, perusahaannya berminat ikut memasarkan pesawat itu di Asia Tenggara bermodal puluhan pesawat N219 pesanananya itu. “Kami punya perusahaan holding, kami juga bisa menyewakan pada operator-operator Indonesia, bisa disewakan ke negara lain,” kata dia.
Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dirgantara Indonesia Andi Alisjahbana mengatakan, pemesanan pesawat itu berasal dari maspakai serta pemerintah daerah. “Maskapai ada lima, kalau pemerintah daerah ada tiga,” kata dia di Bandung, Kamis, 10 Desember 2015. Daerah yang memesan di antaranya dari Aceh dan Papua yang masing-masing memesan lebih dari sepuluh pesawat N219.
Andi mengatakan, permintaan pesawat jenis N219 terhitung tinggi. Dia beralasan, pesaingnya rata-rata pesawat produksi lama. “Lawannya juga sedikit, dan ini memiliki teknologi yang paling moderen di kelasnya. Jadi sangat menarik sekali,” kata dia.
PT DI yang mendapat tugas memproduksi pesawat itu sudah menyiapkan rencana penambahan kapasitas produksinya. “Target tahun pertama bisa 12 unit pertahun, tapi kita bertahap akan naik dari 18 unit sampai 24 unit pertahun karena yang interest banyak,” kata dia.
Andi mengatakan, PT DI bersama Lapan akan mengandeng industri dalam negeri untuk mendongkrak kandungan lokal pesawat itu. Dia mengklaim, saat ini kandungan lokal N219 sudah menembus 40 persen, sementara targetannya 60 persennya kandungan lokal.
Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan, kerja sama pengembangan N219 bersama PT Digantara Indonesia masih panjang. “Kerja sama masih terus berlanjut. N219 ini masih akan dikembangkan variasinya sesuai kebutuhan user,” kata dia.
Thomas mengatakan, pekerjaan rumah selanjutnya mengembangkan industri lokal untuk memasok kebutuhan komponen pesawat itu. “Dari Kementerian Perindustrian menyiapkan program utnuk membina industri lokal untuk komponen pesawat terbang,” kata dia.
Menurut Thomas, pengembangan N219 hingga mendapat sertifikasi laik terbang dan bisa dipasarkan itu ditaksir menyedot dana hingga Rp 500 miliar. “Secara total itu dari Lapan dan PT DI menghabiksan Rp 500 miliar sampai nanti akhir sertifikasi, seperti itu kasarnya,” kata dia.
Kepala Program N219 PT PT DI Budi Sampurno mengatakan, selepas perkenalan resminya hari ini, semua sistem dalam prototipe pesawat N219 akan dipasang, sekaligus memulai tes struktur pesawat. Dijadwalkan semuanya selesai pada Mei 2016. “Setelah itu ‘first flight test sertification’ dimulai,” kata dia di Bandung.
Budi mengatakan, pesawat itu membutuhkan 660 jam terbang untuk mendapatkan sertifikasi layak terbang Indonesia. “Kalau 2016 sudah mendapat persyaratan laik terbang, maka 2017 bisa di deliver ke customer. Dan tahun 2017 juga kami akan aplikasi untuk ‘international sertification’,” kata dia.
Menurut Budi, N219 dirancang mengungguli pesawat pesaing terdekatnya yakni Twin Otter yang dominan digunakan melayani penerbangan perintis di Indonesia. Salah satu kelebihan pesawat itu mampu mengangkat kargo lebih banyak dari pesaingnya. “Twin Otter itu dia ngangkut maksimal 1.800 kilogram, N219 ini bisa 2.300 kilogram. Lebih banyak 500 kilogram dari Twin Otter,” kata dia.
Kelebihan lainnya, kecepatan maksimal pesawat N219 bisa menembus 210 knott sementara Twin Otter hanya 170 knott. N219 juga dirancang tetap bisa take off dan landing tanpa mengurangi muatannya pada landasan dengan ketinggian 5 ribu feet, lokasi bandara tertinggi di Indonesia.
Pesawat Twin Otter misalnya saat mengudara di bandara di ketinggian 6 ribu feet, tidak bisa mengangkut penumpang dalam kapasitas penuh karena tekanan udaranya turun. “Target kita di ketinggian 5 ribu feet, take-off dan landing masih bisa bawa 19 penumpang,” kata dia.
Pesawat N219 dirancang mengangkut 19 penumpang dalam dua baris. Bagian kanan 14 tempat duduk (2x7) dan bagian kiri 5 tempat duduk (1x5). Tinggi kabin 1,7 meter, lebih lega dibanding Twin Otter yang tinggi kabin dalamnya hanya 1,5 meter. Pesawat itu juga dirancang mampu terbang di landasan pendek atau Short Take-Off Landing (Stol) di landasan 500 meter.
Sumber: Delapan Unit Pesawat N219 Buatan PTDI Dipesan Malaysia
TEMPO.CO, Bandung - Direktur Utama PT Air Born Indonesia Rull De Leon Nacachi mengatakan, perusahaannya sudah memesan delapan unit N219 rancangan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan PT Dirgantara Indonesia. “Kami sudah menandatangani LoI (Letter Of Intent), dan harganya sudah kami sepakati, dan itu kompetitif,” kata dia di sela perkenalan perdana fisik N219 di hanggar kompleks PT Dirgantara Indonesia atau PT DI di Bandung, Kamis, 10 Desember 2015.
Rull mengatakan, perusahaannya yang bermodal patungan dengan investor Malaysia, berbisnis dengan menyewakan pesawat charter dan layanan penerbangan perintis untuk usaha pertambangan, saat ini memiliki enam pesawat jenis Twin Otter. Pesawat N219 itu rencananya akan mengganti semua armada pesawat mereka di Indonesia.
Menurut Rull, N219 yang dipasarkan sekitar US$ 5 juta, terhitung murah dibandingkan dengan Twin Otter yang produk terbarunya dibanderol US$ 8 juta. “Selain murah, teknologinya lebih tinggi. Dan kami sudah mengerti dengan pengalaman PT DI, kami punya pengalaman dengan pesawat-pesawat lama PT DI ‘performance safety’ bagus,” kata dia.
Rull mengklaim, perusahaannya akan memesan lebih banyak lagi selepas menerima delapan unit mulai 2017. Modal pemesanan delapan unit N219 saat ini, diakuinya berasal dari kredit investasi mitranya di Malaysia. “Kami akan melanjutkan dengan membeli 40 unit,” kata dia.
Menurut Rull, perusahaannya berminat ikut memasarkan pesawat itu di Asia Tenggara bermodal puluhan pesawat N219 pesanananya itu. “Kami punya perusahaan holding, kami juga bisa menyewakan pada operator-operator Indonesia, bisa disewakan ke negara lain,” kata dia.
Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Dirgantara Indonesia Andi Alisjahbana mengatakan, pemesanan pesawat itu berasal dari maspakai serta pemerintah daerah. “Maskapai ada lima, kalau pemerintah daerah ada tiga,” kata dia di Bandung, Kamis, 10 Desember 2015. Daerah yang memesan di antaranya dari Aceh dan Papua yang masing-masing memesan lebih dari sepuluh pesawat N219.
Andi mengatakan, permintaan pesawat jenis N219 terhitung tinggi. Dia beralasan, pesaingnya rata-rata pesawat produksi lama. “Lawannya juga sedikit, dan ini memiliki teknologi yang paling moderen di kelasnya. Jadi sangat menarik sekali,” kata dia.
PT DI yang mendapat tugas memproduksi pesawat itu sudah menyiapkan rencana penambahan kapasitas produksinya. “Target tahun pertama bisa 12 unit pertahun, tapi kita bertahap akan naik dari 18 unit sampai 24 unit pertahun karena yang interest banyak,” kata dia.
Andi mengatakan, PT DI bersama Lapan akan mengandeng industri dalam negeri untuk mendongkrak kandungan lokal pesawat itu. Dia mengklaim, saat ini kandungan lokal N219 sudah menembus 40 persen, sementara targetannya 60 persennya kandungan lokal.
Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan, kerja sama pengembangan N219 bersama PT Digantara Indonesia masih panjang. “Kerja sama masih terus berlanjut. N219 ini masih akan dikembangkan variasinya sesuai kebutuhan user,” kata dia.
Thomas mengatakan, pekerjaan rumah selanjutnya mengembangkan industri lokal untuk memasok kebutuhan komponen pesawat itu. “Dari Kementerian Perindustrian menyiapkan program utnuk membina industri lokal untuk komponen pesawat terbang,” kata dia.
Menurut Thomas, pengembangan N219 hingga mendapat sertifikasi laik terbang dan bisa dipasarkan itu ditaksir menyedot dana hingga Rp 500 miliar. “Secara total itu dari Lapan dan PT DI menghabiksan Rp 500 miliar sampai nanti akhir sertifikasi, seperti itu kasarnya,” kata dia.
Kepala Program N219 PT PT DI Budi Sampurno mengatakan, selepas perkenalan resminya hari ini, semua sistem dalam prototipe pesawat N219 akan dipasang, sekaligus memulai tes struktur pesawat. Dijadwalkan semuanya selesai pada Mei 2016. “Setelah itu ‘first flight test sertification’ dimulai,” kata dia di Bandung.
Budi mengatakan, pesawat itu membutuhkan 660 jam terbang untuk mendapatkan sertifikasi layak terbang Indonesia. “Kalau 2016 sudah mendapat persyaratan laik terbang, maka 2017 bisa di deliver ke customer. Dan tahun 2017 juga kami akan aplikasi untuk ‘international sertification’,” kata dia.
Menurut Budi, N219 dirancang mengungguli pesawat pesaing terdekatnya yakni Twin Otter yang dominan digunakan melayani penerbangan perintis di Indonesia. Salah satu kelebihan pesawat itu mampu mengangkat kargo lebih banyak dari pesaingnya. “Twin Otter itu dia ngangkut maksimal 1.800 kilogram, N219 ini bisa 2.300 kilogram. Lebih banyak 500 kilogram dari Twin Otter,” kata dia.
Kelebihan lainnya, kecepatan maksimal pesawat N219 bisa menembus 210 knott sementara Twin Otter hanya 170 knott. N219 juga dirancang tetap bisa take off dan landing tanpa mengurangi muatannya pada landasan dengan ketinggian 5 ribu feet, lokasi bandara tertinggi di Indonesia.
Pesawat Twin Otter misalnya saat mengudara di bandara di ketinggian 6 ribu feet, tidak bisa mengangkut penumpang dalam kapasitas penuh karena tekanan udaranya turun. “Target kita di ketinggian 5 ribu feet, take-off dan landing masih bisa bawa 19 penumpang,” kata dia.
Pesawat N219 dirancang mengangkut 19 penumpang dalam dua baris. Bagian kanan 14 tempat duduk (2x7) dan bagian kiri 5 tempat duduk (1x5). Tinggi kabin 1,7 meter, lebih lega dibanding Twin Otter yang tinggi kabin dalamnya hanya 1,5 meter. Pesawat itu juga dirancang mampu terbang di landasan pendek atau Short Take-Off Landing (Stol) di landasan 500 meter.
Sumber: Delapan Unit Pesawat N219 Buatan PTDI Dipesan Malaysia
Minggu, 08 November 2015
WAWANCARA dengan dr BOYKE
Copas dari WA Group
Rehat sejenak di hari minggu....
WAWANCARA dengan dr BOYKE
Wartawan :
Anda termasuk orang yang sukses ya..
dr. Boyke : Alhamdulillah...Sukses itu seperti onani, hanya dirimu sendirilah yang bisa meraihnya....
Wartawan :
Bagaimana pendapat dokter tentang takdir?
dr. Boyke :
Takdir itu ibarat perkosaan, jika tidak sanggup melawan, cobalah untuk menikmatinya...
Wartawan :
Sebagai seorang kosultan, tentunya kepercayaan adalah modal yang mesti dimiliki bukan?
dr. Boyke :
Tentu saja, kepercayaan itu seperti keperawanan, sekali hilang maka hilanglah selamanya.....
Wartawan :
Kalau boleh tahu,berapa sih gaji anda?dr.
Boyke :
Ah, saya tidak mau bergantung kepada gaji. Gaji itu mirip menstruasi, datangnya tiap bulan sekali dan kerasanya cuman 4 hari sampe seminggu aja...
Wartawan :
Bagaimana peran kawan-kawan dokter dalam mencapai kesuksesan dokter.....?
dr. Boyke :
Sangat penting... kawan yang baik itu kan ibarat kondom,dia akan melindungi kita dari hal-hal yang buruk....!
Wartawan :
Dokter punya teman sejati?
dr. Boyke :
Semua orang harus punya teman sejati yang mau menemani kita dalam keadaan apapun. Bagaikan viagra, dia akan membuat kita bangkit disaat kita tidak mampu untuk berdiri...
Rehat sejenak di hari minggu....
WAWANCARA dengan dr BOYKE
Wartawan :
Anda termasuk orang yang sukses ya..
dr. Boyke : Alhamdulillah...Sukses itu seperti onani, hanya dirimu sendirilah yang bisa meraihnya....
Wartawan :
Bagaimana pendapat dokter tentang takdir?
dr. Boyke :
Takdir itu ibarat perkosaan, jika tidak sanggup melawan, cobalah untuk menikmatinya...
Wartawan :
Sebagai seorang kosultan, tentunya kepercayaan adalah modal yang mesti dimiliki bukan?
dr. Boyke :
Tentu saja, kepercayaan itu seperti keperawanan, sekali hilang maka hilanglah selamanya.....
Wartawan :
Kalau boleh tahu,berapa sih gaji anda?dr.
Boyke :
Ah, saya tidak mau bergantung kepada gaji. Gaji itu mirip menstruasi, datangnya tiap bulan sekali dan kerasanya cuman 4 hari sampe seminggu aja...
Wartawan :
Bagaimana peran kawan-kawan dokter dalam mencapai kesuksesan dokter.....?
dr. Boyke :
Sangat penting... kawan yang baik itu kan ibarat kondom,dia akan melindungi kita dari hal-hal yang buruk....!
Wartawan :
Dokter punya teman sejati?
dr. Boyke :
Semua orang harus punya teman sejati yang mau menemani kita dalam keadaan apapun. Bagaikan viagra, dia akan membuat kita bangkit disaat kita tidak mampu untuk berdiri...
Langganan:
Postingan (Atom)